Prabowo Resmi Lantik 55 Wakil Menteri Kabinet Merah Putih, Ada 6 Tokoh Dipanggil Tapi Tak Masuk Kabinet

Keenam tokoh yang tidak lolos atau berlanjut ke pembekalan dan pelantikan adalah mantan KSAD Jenderal TNI Purn Dudung Abdurachman. Kemudian selebritis Raffi Ahmad, pendakwah Gus Miftah, musisi Yovie Widianto, Haikal Hassan Baras alias Babe Haikal, serta Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Presiden Prabowo Subianto melantik para menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 21 Oktober 2024. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Jakarta, EDITOR.ID,- Presiden Prabowo Subianto resmi telah melantik Wakil Menteri (Wamen) di Kabinet Merah Putih. Ada 55 orang Wamen dan seorang Sekretaris Kabinet (Seskab) yang dilantik. Dari 55 wamen yang dilantik ada enam tokoh yang sebelumnya dipanggil Presiden Prabowo di kediamannya Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru Jakarta Selatan tak lanjut dilantik hari ini.

Keenam tokoh yang tidak lolos atau berlanjut ke pembekalan dan pelantikan adalah mantan KSAD Jenderal TNI Purn Dudung Abdurachman. Kemudian selebritis Raffi Ahmad, pendakwah Gus Miftah, musisi Yovie Widianto, Haikal Hassan Baras alias Babe Haikal, serta Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Awalnya Prabowo mengumumkan daftar 53 menteri dan kepala badan. Setelah itu, Prabowo mengumumkan nama-nama wamen dan wakil kepala badan. Namun, dari 56 daftar wamen yang dibacakan Prabowo, tidak ada nama Raffi Ahmad.

Raffi sempat santer disebut bakal menjabat wamen di bidang seni dan kreatif, sesuai dengan pengalaman dan kiprahnya di dunia hiburan. Ia juga hadir dalam pemanggilan calon wamen pada Selasa lalu.

Tak hanya Raffi, sejumlah tokoh yang sempat dipanggil ke Kertanegara, juga tak masuk dalam daftar Kabinet Merah Putih yang diumumkan Prabowo.

Mereka adalah musisi Yovie Widianto, penceramah Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah, penceramah Haikal Hassan Baras alias Babe Haikal, serta Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Prosesi Pelantikan

Pelantikan 55 wakil menteri digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2024). Para wakil menteri langsung dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto. Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’. Para wamen mengikuti prosesi dengan khidmat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 143 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Sekretaris Kabinet (Seskab) dan Wamen.

Prabowo kemudian mengambil sumpah jabatan para menteri. Para wamen didampingi rohaniwan mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Prabowo.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian bunyi sumpah jabatan tersebut.

Setelah pembacaan sumpah, para Wamen dan Seskab menandatangani berita acara pelantikan. Prabowo, Wapres Gibran Rakabuming Raka, dan para tamu undangan kemudian menyalami para wamen yang telah dilantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: