Airlangga Hartarto Kembali Jabat Menko Perekonomian, Asri Hadi Ucapkan Selamat

Untuk 100 hari ke depan, Airlangga diminta Prabowo mengurusi soal subsidi energi. Menurutnya Prabowo ingin agar subsidi energi tepat sasaran.

Ketua Dewan Redaksi EDITOR.ID Asri Hadi Bersama Sejumlah Tokoh yang Kembali Dipercaya Menjadi Menteri di era Kabinet Prabowo-Gibran

Jakarta, EDITOR.ID,- Ketua Dewan Redaksi EDITOR.ID Asri Hadi menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada koleganya mantan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang malam ini telah diumumkan oleh Presiden RI Prabowo Subianto untuk menjabat sebagai Menteri Perekonomian.

“Selamat betugas kami ucapkan kepada Bapak Airlangga Hartarto yang telah diberikan kepercayaan oleh Bapak Presiden Prabowo Subianto menjabat sebagai Menko Perekonomian,” kata Asri Hadi di Jakarta, malam ini.

Menurut Asri Hadi, kinerja Airlangga selama menjabat sebagai Menko Perekonomian di era pemerintahan Presiden Jokowi sangat berhasil sekali.

“Beliau mampu menjaga Indonesia dari kesulitan ekonomi akibat dampak dari penyebaran Covid-19, Pak Airlangga juga mampu menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa bertahan di angka 5 persen ketika negara-negara di dunia bergejolak dan mengalami resesi,” kata Asri Hadi.

Airlangga Hartarto, dinilai Asri Hadi, sangat tepat dan strategis dipilih Prabowo untuk ikut bekerja di Kabinet pemerintahan mendatang. “Karena pak Airlangga memiliki pengalaman dalam membantu Pak Jokowi memberikan kestabilan ekonomi,” kata Asri Hadi.

Airlangga Hartarto kembali menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Penunjukkan Airlangga diumumkan langsung oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara pada Minggu malam.

“Ini adalah amanat yang berat karena kita diberikan tugas dalam situasi yang tidak mudah, dan pak Presiden tadi juga memberikan harapan bahwa amanat yang berat ini diharapkan untuk bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata Airlangga, Minggu (20/10/2024).

Untuk 100 hari ke depan, Airlangga diminta Prabowo mengurusi soal subsidi energi. Menurutnya Prabowo ingin agar subsidi energi tepat sasaran.

“Tentu pak Prabowo meminta beberapa program terkait dengan perekonomian itu jangka menengah dan panjang, karena kalau bicara jangka pendek capaian angka indikator yang berdasarkan quarterly tapi kita diminta mempersiapkan ke depan ya tadi tantangan subsidi energi, bagaimana membuat kebijakan energi subsidinya itu tepat sasaran,” bebernya.

Airlangga juga mendapat arahan terkait target pertumbuhan ekonomi sebesar 8%. Kemudian ada permintaan agar angka kemiskinan di Tanah Air bisa ditekan.

“Tentu terkait dengan ekonomi makro supaya capaian pertumbuhan bisa dipacu lagi sehingga target 8 persen itu bisa dicapai dalam jangka menengah, dan angka-angka kemiskinan, gini rasio itu perlu ada perbaikan,” imbuhnya.

Adapun Presiden Prabowo Subianto mengumumkan kabinetnya akan memiliki nama Kabinet Merah Putih. Selain Airlangga, sejumlah nama di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali dipercaya sebagai menteri, misalnya Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM, Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: