Budi Gunawan Ikut Hadir dalam Pembekalan Calon Menteri Prabowo di Hambalang

10 Hari Jelang Pemerintahan Jokowi Berakhir, Kepala BIN Dicopot dari Jabatannya

Para Calon Menteri Berdatangan di Bukit Hambalang untuk Mengikuti Pembekalan Calon Menteri

Jakarta, EDITOR.ID,- Orang dekat Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang juga mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) terungkap ikut hadir dalam acara pembekalan tugas para calon menteri pemerintahan mendatang, di kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto, di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Padahal saat pemanggilan para calon menteri dan wakil menteri, pria yang akrab disapa BG ini tidak masuk daftar yang dipanggil Prabowo untuk diajak berdiskusi tentang tugas yang akan diberikan pada calon menteri dan wakil menteri di kediamannya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024)

Komandan Detasemen Pengawalan Khusus Menteri Pertahanan Letkol G. Borlak mengatakan bahwa Jenderal Pol. Purn. Budi Gunawan hadir pada rombongan terakhir sebelum Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. “Tamu pertama sekali yang datang Pak Yusril. Pak Budi Gunawan tamu yang hadir terakhir,” ungkap Borlak.

Ia menyebutkan total tamu yang hadir pada agenda pembekalan tugas calon menteri ini sebanyak 59 orang. “Iya itu saja. Saya tidak tahu ada yang belum datang atau tidak, saya tidak tahu. Saya belum tahu karena saya di sini enggak megang data yang masuk di atas,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan ANTARA, berdatangan sejumlah menteri pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin yang tetap berada di kabinet pemerintahan mendatang, seperti Sri Mulyani, Airlangga Hartarto, Pratikno, Agus Harimurti Yudhoyono, Budi Arie Setiadi, Erick Thohir, dan Saifullah Yusuf.

Calon wakil presiden terpilih pada Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka juga menghadiri acara tersebut. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto juga tampak hadir.

Prabowo Tak Ajak PDIP Dalam Formasi Kabinet Pemerintahannya

Budi Gunawan merupakan orang dekat Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Ia menjadi ajudan saat Megawati menjabat Presiden. Pada susunan Kabinet Prabowo-Gibran baik menteri, wakil menteri hingga Kepala Badan tidak ada satupun kader PDI Perjuangan yang diajak bergabung oleh Prabowo.

Melihat dari susunan dan formasi kabinet dan kepala badan oada pemerintahan Prabowo-Gibran 2024-2029 mendatang, tiga parpol besar tidak dilibatkan Prabowo pada pemerintahannya. Ketiga parpol tersebut adalah PDIP, PKS dan Partai NasDem.

Dari 49 calon menteri dan 59 calon wakil menteri dan kepala badan, Prabowo tidak satupun memanggil politisi atau kader PDIP, PKS dan Partai NasDem.

Pembekalan di Hambalang berlangsung tertutup. Pers hanya berada di luar gerbang masuk kediaman Prabowo dan menyaksikan kedatangan peserta pembekalan yang melintas masuk dengan masing-masing kendaraannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: