Sosok M Herindra Kepala BIN Baru Pengganti BG, Segera Dilantik Presiden Prabowo

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.

Jakarta, EDITOR.ID,- Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Letjen TNI (Purn.) Muhammad Herindra akan segera dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Hal ini usai, jenderal bintang tiga ini dinyatakan lolos fit and proper test yang digelar DPR-RI, sebagai calon tunggal Kepala BIN.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut DPR RI telah menyetujui pencalonan Muhammad Herindra sebagai Kepala BIN setelah melewati proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024) siang.

Proses uji kelayakan yang dilakukan pada hari ini dipertimbangkan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan tim perwakilan dari delapan fraksi di parlemen sehingga menghasilkan persetujuan tersebut.

“Hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan Bapak Muhammad Herindra sebagai satu-satunya calon Kepala BIN dinyatakan kami terima,” kata Puan saat konferensi pers usai memimpin jalannya uji kelayakan yang berlangsung tertutup itu.

Sementara itu Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebutkan Herindra akan dilantik bersamaan dengan pelantikan para menteri kabinet Prabowo-Gibran. Dia mengatakan pelantikan tersebut akan berlangsung pada 21 Oktober mendatang.

Jelang Purna Bhakti Presiden Jokowi Ganti Kepala BIN

Sebagaimana dilansir dari Antara, Presiden Jokowi menggunakan sisa 10 hari masa kerjanya untuk mencopot jabatan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN dan menunjuk Letjen TNI (Purn.) M. Herindra, yang saat ini masih aktif menjabat Wakil Menteri Pertahanan, sebagai penggantinya.

Presiden Jokowi berkirim surat ke DPR. Surpres (Surat Presiden) tertanggal 10 Oktober tersebut berisi permohonan pertimbangan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani terkait pengangkatan Herindra sekaligus pemberhentian Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

Dalam surat bernomor R-51/Pres/10/2024 tertanggal 10 Oktober 2024, Presiden menyebut pergantian itu untuk “penyegaran organisasi”, meskipun banyak yang meyakini pelepasan jabatan BG, sebutan populer Budi Gunawan, terkait dengan transisi pemerintahan Presiden Jokowi ke Prabowo Subianto.

Herindra Diangkat Jokowi Jadi Kepala BIN, Temui Presiden Prabowo

Beberapa jam sebelum kabar itu diketahui publik, Herindra pada Senin malam, menghadap presiden terpilih Prabowo Subianto di kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Senin (14/10/2024). Para tokoh yang diundang ke rumah Prabowo disebut akan mengisi pos pada kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Herindra mengaku mendapatkan penugasan membantu presiden terpilih menjalankan pemerintahan ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: