Indonesia Tantang Thailand di Final Piala AFF U-19 Usai Tumbangkan Malaysia 1-0

Muhammad Alfharezzi Buffon menjadi pahlawan Tim Merah Putih melalui gol semata wayangnya.

Foto @Timnas Indonesia

Surabaya, Jatim, EDITOR.ID,- Timnas Indonesia U-19 akan menantang Thailand di Final Piala AFF U-19 2024. Hal ini setelah pada babak Semifinal, Garuda Muda sukses mengalahkan Timnas Malaysia U-19 1-0 dalam laga dramatis. Muhammad Alfharezzi Buffon menjadi pahlawan Tim Merah Putih melalui gol semata wayangnya.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024) malam WIB, Indonesia vs Malaysia masih tanpa gol di babak pertama.

Gol Indonesia baru tercipta pada menit ke-78. Gol itu merupakan buah tendangan Muhammad Alfharezzi Buffon yang membentur tiang, lalu masuk ke gawang Malaysia usai mengenai Muhammad Haziq Aiman.

Thailand sudah lebih dulu memastikan satu tempat di babak final. Gajah Perang mengalahkan Australia di babak semifinal.

Jalannya Pertandingan

Indonesia vs Malaysia masih tanpa gol di babak pertama. Tim Merah-Putih mendapat beberapa peluang, salah satunya sundulan Arkhan Kaka memanfaatkan lemparan jauh Muhammad Mufli Hidayat pada menit ketiga.

Upaya Figo Denis melepaskan tendangan dari luar kotak penalti masih belum membuahkan hasil. Tembakan spekulasinya pada menit ke-11 itu menyamping dari sisi kanan gawang Malaysia.

Indonesia mengancam lagi pada menit ke-14. Tembakan Jens Raven dari jarak dekat masih bisa diblok pemain belakang Malaysia.

Memasuki menit 30, Indonesia terlihat masih kesulitan membongkar lini pertahanan Malaysia. Sementara Malaysia lebih sering mengandalkan serangan balik cepat.

Tempo permainan sedikit menurun memasuki akhir babak pertama. Tidak ada gol yang tercipta. Skor 0-0 menutup paruh pertama.

Indra Sjafri langsung berganti strategi dan membuat perubahan cepat di awal babak kedua. Rizki Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan dimasukkan, mengganti Arkhan Kaka dan Figo Denis ditarik keluar.

Malaysia mendapatkan shot on target pertama menit 50. Muhammad Naim melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, tapi bola masih mampu diamankan Ikram Algiffari.

Indonesia mengancam menit 55. Tembakan Riski Afrisal di dalam kotak penalti masih mampu digagalkan kiper Malaysia, Haziq Aiman.

Lagi-lagi Indonesia membuang peluang emas pada menit ke-64. Mendapatkan umpan tarik Arlyansyah, sepakan Dony Tri dari jarak dekat. Namun tendangan Dony Tri masih bisa diblok oleh barisan belakang Malaysia hingga membuahkan tendangan sudut.

Upaya Welber Jardim pada menit ke-69 masih belum membuahkan hasil. Pemain nomor 12 itu mengirim umpan Jens Raven melambung jauh dari gawang.

Serangan Indonesia pada menit ke-75 tak optimal. Tendangan Welber Jardim masih melesat, sama halnya dengan upaya Toni Firmansah semenit kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: