Rutan Kelas I Bandung Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1444 H dan Khotimil Quran

EDITOR.ID, Bandung – Dalam rangka meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT serta jalinan silaturahim Keluarga Besar Rutan, pada Kamis (13/4/2023) malam, diadakan peringatan Nuzulul Quran 1444 H di lingkungan Rutan Kelas I Bandung.

Peristiwa turunnya Al-Quran yang juga sekaligus waktu di mana peresmian Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul oleh Allah SWT atau yang dikenal dengan Nuzulul Quran diperingati dengan rangkaian kegiatan shalat taraweh berjama’ah, Khotimil Quran, dan ditutup dengan tausiyah.

Peringatan ini dihadiri oleh Kepala Rutan Kelas I Bandung, Suparman beserta pejabat Eselon IV dan V, petugas Rutan Kelas I Bandung beserta Warga Binaan Rutan.

Dilaksanakannya peringatan ini disyukuri oleh Kepala Rutan, Suparman menyatakan Alhamdulillah, kita masih diberikan umur dan kesempatan untuk memperingati salah satu momen yang paling mulia bagi seluruh umat islam yaitu Nuzulul Quran.

“Momen malam Nuzulul Quran yang pada kesempatan kali ini sekaligus kita laksanakan Khotimil Quran oleh warga binaan, ” ungkapnya, Kamis 13 april 2023 malam.

Karutan menambahkan, bahwa momentum ini marilah kita gunakan untuk mempererat tali silaturahmi keluarga besar Rutan Kelas I Bandung, dan semoga dapat meningkatkan rasa cinta kita terhadap Al-Quran.

Ustadz Wahyudin Ali dalam tausiyahnya dihadapan Karutan Bandung, pegawai Rutan Bandung dan warga binaan menyampaikan bahwa tujuan Al-Qur’an diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW, bukan bacaan semata, melainkan sebagai pedoman hidup dari lahir hingga wafat.

” Jika manusia bisa mengamalkan Al-Qur’an, maka Allah SWT akan jamin ketentraman, ketenangan, kenyamanan dalam kehidupan” ungkapnya.

Ustadz Wahyudin juga menyampaikan apresiasinya kepada Rutan Kelas I Bandung, dalam kegiatan malam Nuzulul Quran di bulan yang penuh kemuliaan, yakni bulan Ramadhan.

“Saya pribadi terkesan dengan Rutan I Bandung, melalui pondok pesantren Rutan mengadakan program pengentasan buta huruf Al-Quran, dan semoga ini bisa menjadi jalan bagi para WBP di sini dapat memahami dan mengamalkan Al-Quran” harapnya.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Nuzulul Quran 1444 H dan Khotimil Quran ditutup dengan panjatan doa yang dipimpin oleh Ustadz Wahyudin Ali, agar Rutan Kelas I Bandung senantiasa diberikan perlindungan dari Allah SWT dan selalu dilimpahkan rahmat dan karunia-Nya.

Dalam kegiatan peringatan Nuzulul Quran ini, situasi warga binaan terjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan.

Kegiatan ini merupakan bentuk terwujudnya sinergi internal antara seksi pelayanan tahanan (Yantah) dan Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: