Sonny Sosialisasikan BUMN Sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Sonny Sosialisasikan BUMN Sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

EDITOR.ID, Banyuwangi,- Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi PDI Perjuangan Sonny T Danaparamita melakukan kegiatan sosialisasi “BUMN Sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional”. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Tanjung Asri, Banyuwangi hari Jumat, (16/12/2021).

Sonny menjelaskan tentang peran dan tujuan BUMN dari Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menurut Sonny, Pemerintah akan terus berupaya untuk mewujudkan tujuan negara Indonesia yang termuat dalam pembangunan negara dan semua bidang kehidupan, termasuk pembangunan perekonomian. Usaha mencapai tujuan negara serta pelaksanaan perekonomian Indonesia didasarkan pada Pasal 33 UUD Negara Republik Indonesia (NRI) Tahun 1945, yang penekanannya adalah pada prinsip gotong-royong; prinsip kedaulatan negara; dan prinsip kemakmuran rakyat.

img 20211217 084617
Sonny Sosialisasikan BUMN Sebagai Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, BUMN sebagaimana tujuan pendiriannya melakukan berbagai aksi korporasi yang didasarkan kemanfaatan umum. Berbagai program BUMN hadir untuk masyarakat, baik di bidang kesehatan, pembiayaan korporasi, serta penyedia lapangan kerja terlebih selama masa pandemic Covid-19.

Saat ini BUMN dikenal sebagai agen of value creator (pencipta nilai) dan agen development (perkembangan). BUMN memiliki ekosistem usaha yang besar. Selain infrastruktur, jaringan-jaringan BUMN menjadikan BUMN sebagai potensi ekonomi nasional yang strategis, tentu saja hal ini harus dibarengi dengan Good Corporate Government/ GCG.

Selanjutnya, Sonny mengajak seluruh elemen bangsa untuk menjaga optimisme pemulihan ekonomi melalui aktivitas kekeluargaan/gotong royong.

“Mari kita semua berpartisipasi, melakukan kolaborasi melalui kemitraan dengan BUMN, dan juga melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan program di masyarakat. Karena hal itu dapat meningkatkan efektifitas program pemulihan ekonomi nasional,” ujar Sonny.

Narasumber Imam Zaenuddin, SE, M.S.A Dekan Fakultas Ekonomi UNTAG Banyuwangi dalam paparannya menilai dari sudut pandang akademisi, bahwa sinergi pemerintah dengan pihak swasta dan seluruh elemen masyarakat dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional sudah berjalan baik.

“Mulai dari penyedia bantuan fasilitas pendidikan, vaksinasi, penyaluran alkes, hingga bantuan dalam bentuk sembako sudah digelontorkan oleh BUMN untuk masyarakat. Ini sangat membantu masyarakat, karena seluruh aspek terdampak pandemi Covid-19,” tutur Zaenuddin.

Peserta yang berasal dari unsur kelompok pemuda, karang taruna desa, mahasiswa, pelaku UMKM terlihat antusias mengikuti paparan materi sosialisasi hingga sesi diskusi interaktif yang dipandu oleh Erik Trisdiantana (Direktur Rumah DEGIRI).

Di penghujung acara, Erik berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak segan berbagi informasi positif dan bergotong-royong guna melakukan usaha percepatan pemulihan ekonomi nasional.

BUMN dan Fokus Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: