Terpilih Ketum GMNI, Robaytullah Siap Jaga Keberagaman

Manado, EDITOR.ID,- Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) kini punya nahkoda baru. Ia adalah Robaytullah Kusuma Jaya yang terpilih secara aklamasi pada musyawarah serta mufakat sebagai Ketua Umum dalam Kongres ke XX organisasi mahasiswa itu di Manado Sulawesi Utara. Anak muda asal Sumenep itu mewakili DPC GMNI Cabang Malang Raya.

Usai terpilih, Bung Roy, demikian ia akrab disapa siap mengawal keberagaman bangsa berlandaskan gotong royong.

“Kami akan menjadi bagian penting dalam merawat keberagaman bangsa berlandaskan gotong royong, dan menjawab kondisi internasional berlandaskan Pancasila.” tulis Roy, Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang kelahiran Sumenep ini.

Sementara Clance Teddy dari Cabang Manado terpilih sebagai Sekjen. Duet kader visioner ini diharapkan mampu mengantarkan GMNI sebagai basis terkuat gerakan pemuda dan mewujudkan doktrin Marhaenisme dalam kenyataan.

Usai terpilih, Selasa (21/11) silam Bung Roy menyatakan proses kongres berjalan dengan lancar. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pak Presiden Ri Ir. Jokowidodo yang telah hadir dalam kongres tersebut.

Roy berjanji akan membawa GMNI sebagai pelopor Pancasila ditengah maraknya issue perpecahan bangsa. Apalagi melihat dinamika yang terjadi belakangan akan maraknya isu pemecah belah bangsa, radikalisme, terorisme, separatism, dll.

Karena itu dalam Visi-Misinya, Roy mengusung tema “Merawat keberagaman bangsa berlandaskan Gotong royong dan Menjawab Kondisi Internasional berdasarkan Pancasila” dengan maksud menjadikan Gerakan yang didirikan oleh Soekarno tersebut menjadi kekuatan strategis NKRI menghadapi dinamika yang terjadi di Lokal, Nasional maupun Internasional.

Yang diwujudkan dalam misi Tricita Perjuangan yakni Konsolidasi Konsep, Konsolidasi Basis dan Konsolidasi Elit.

Pertama, Membawa GMNI sebagai pelopor Pancasila ditengah maraknya isu perpecahan bangsa.
Kedua, Menjadikan GMNI sebagai Think Tank pergerakan dan perumusan terhadap arah politik luar negeri Indonesia

Ketiga, Memperkuat Kapasitas dan kualitas Organisasi.

Robaytullah Kusuma Jaya menempuh studi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Ilmu Pemerintahan, di Universitas Brawijaya tahun 2010. Bung Roy pernah menjabat wakil ketua bidang Politik Komisariat GMNI Fisip Universitas Brawijaya, Malang, dan terakhir Menjabat sebagai Sekretaris Cabang DPC GMNI Malang Raya periode 2015-2017.

Selain regenerasi kepemimpinan, Kongres GMNI XX yang dibuka oleh Presiden Jokowi seminggu lalu ini akhirnya menghasilkan sejumlah keputusan strategis. Kongres GMNI sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi organisasi kali ini telah mengubah model struktur yang sebelumnya Presidium menjadi DPP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: