Hasil Manis Timnas Atasi Kamboja 2-0 Melaju ke Semifinal

Selangor, EDITOR.ID,- Timnas Indonesia U-22 melangkah ke semifinal SEA Games 2017 setelah mengalahkan Kamboja 2-0 pada pertandingan terakhir Grup B SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (24/8). Di semifinal Indonesia akan menghadapi tim ruan rumah, Malaysia.

Kemenangan 2-0 atas Kamboja cukup bagi Timnas Indonesia untuk melangkah ke babak semifinal. Pasalnya, di pertandingan lainnya Thailand sukses mengalahkan Vietnam 3-0.

Hasil di Stadion Shah Alam membuat Indonesia mengakhiri babak penyisihan sebagai runner-up Grup B dengan 11 poin. Thailand sukses menjadi juara grup dengan koleksi 13 poin.

Melawan Kamboja, Timnas Indonesia sempat kesulitan mencetak gol meski mengontrol jalannya pertandingan. Sejumlah peluang yang didapat Indonesia di babak pertama juga gagal membuahkan hasil.

Kamboja kehilangan pemain saat injury time setelah Choum Pisa mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Ricky Fajrin. Keunggulan jumlah pemain tidak mampu dimanfaatkan Indonesia untuk mencetak gol di babak pertama, skor kacamata pun tetap bertahan.

Unggul jumlah pemain membuat Timnas Indonesia benar-benar mengurung pertahanan Kamboja. Pelatih Luis Milla juga memutuskan untuk memasukkan Ezra Walian pada menit ke-54 untuk menggantikan Ricky Fajrin. Indonesia pun menggunakan tiga bek.

Dua menit setelah masuk ke lapangan, Ezra berhasil memecah kebuntuan bagi Indonesia. Berawal dari kesalahan pemain Kamboja Noun Borey di kotak penalti, Ezra kemudian dengan tenang melepaskan tendangan kaki kiri untuk mencetak gol.

Unggul satu gol membuat Indonesia semakin semangat untuk mencetak gol. Sebuah tendangan Saddil Ramdani pada menit ke-61 hampir membobol gawang Kamboja. Namun, masih tipis di sisi kiri gawang.

Indonesia sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-70 melalui gol spektakuler Febri Hariyadi. Winger Persib Bandung itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti dan bersarang ke pojok kanan gawang Kamboja. Hingga delapan menit waktu tambahan diberikan wasit berakhir, skor 2-0 untuk Indonesia bertahan. Tim Garuda Muda pun lolos ke babak semifinal.

Sayangnya pada laga semifinal di Selangor, Sabtu (26/8) Timnas Indonesia U-22 akan kehilangan tiga pemain penting. Ketiga pemain Timnas Indonesia U-22 yang akan absen adalah Hansamu Yama Pranata, Muhammad Hargianto, dan Marinus Wanewar. Ketiganya akan absen melawan Malaysia karena akumulasi kartu kuning.

Hansamu, Hargianto, dan Marinus mendapat kartu kuning saat Timnas Indonesia mengalahkan Kamboja 2-0 pada laga terakhir Grup B di Stadion Shah Alam, Kamis (24/8). Khusus untuk Hansamu, kapten tim Garuda Muda itu mendapat kartu kuning karena kericuhan di pengujung laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: