Prabowo Beri Wewenang Menteri Copot Pejabat Dibawah yang Tak Maksimal Bekerja

Suruh Tinggal di Rumah Saja Daripada Bikin Susah

Presiden Prabowo Subianto memberikan arahan kepada para menterinya pada sidang kabinet paripurna perdana Kabinet Merah Putih, di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2024). Foto Sekretariat Negara

Jakarta, EDITOR.ID,- Presiden RI Prabowo Subianto bersikap tegas demi mempercepat kinerja kabinet yang ada. Prabowo bahkan meminta para menteri lebih berani dan tak ragu untuk mengganti pejabat-pejabat di kementeriannya yang tak maksimal bekerja.
Dia bahkan memberi kewenangan bagi menteri untuk mencopot pejabat yang dinilai tidak bekerja keras.

Hal ini disampaikan Prabowo kepada para menterinya pada sidang kabinet paripurna perdana Kabinet Merah Putih, di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2024). Prabowo meminta menteri-menterinya mengutamakan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Ini saya minta menteri-menteri sekarang, mari kita lebih berani, tidak ragu-ragu untuk memberi pelayanan terbaik untuk rakyat kita. Kalau Anda tidak puas dengan pejabat-pejabat di bawah Anda, laporkan, kita segera ganti,” kata Prabowo saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Menurut dia, ada banyak orang yang mau mengabdi bagi Indonesia. Untuk itu, Prabowo memberi wewenang menteri mencopot atau merumahkan pejabat-pejabatnya yang tak patuh dan tidak bekerja keras. Kewenangan tersebut bahkan diberikan kepada seluruh menteri maupun kepala badan.

“Begitu banyak orang yang mau mengabdi. Tidak ada orang di sini yang kebal. Yang tidak patuh, tidak bekerja keras untuk bangsa dan negara dan rakyat. Saudara saya beri wewenang, copot dan suruh tinggal di rumah saja, daripada bikin susah kita,” tegas Prabowo.

Presiden Prabowo menegaskan, dirinya bukan ingin mencampuri pekerjaan kementerian-kementerian, tetapi sebagai kepala pemerintahan ingin membantu segala masalah, sumbatan dan kesulitan pemerintahan.

“Di mana ada bottleneck, di mana ada kesulitan, segera diatasi. Mari jujur mengakui bahwa birokrasi sangat terkenal, sangat terkenal ‘ribet’-nya, sangat terkenal lambatnya. Bahkan ada pembicaraan oleh rakyat birokrasi sering mempersulit, bukan mempermudah keperluan rakyat. Bahkan ada yang mengatakan, kalau bisa dibikin sulit kenapa dibikin mudah,” ucapnya.

Dia pun meminta para jajaran menteri Kabinet Merah Putih untuk lebih berani, tidak ragu-ragu memberi pelayanan yang terbaik kepada rakyat.

“Jangan ragu-ragu. Kalau saudara tidak puas dengan pejabat-pejabat di bawah anda, laporkan, segera kita ganti. Begitu banyak orang yang mau mengabdi. Tidak ada orang di sini yang kebal,” tegasnya dalam pengantar yang disampaikan hampir 30 menit itu.

Prabowo meminta jajaran menteri Kabinet Merah Putih segera menyiapkan program kerja masing-masing. Prabowo menyatakan sewaktu-waktu akan terus memanggil para menteri untuk berkoordinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: