Alasan Perlu Memisahkan Rekening Bisnis dan Pribadi

Rekening Bisnis

Jakarta, EDITOR.ID,- Salah satu tantangan yang dihadapi para pebisnis adalah soal mengurus manajemen keuangan dan yang paling sederhana tetapi sering juga terlewat yaitu memisahkan rekening bisnis dengan rekening pribadi. Memang bagi kebanyakan pebisnis apalagi yang masih pemula, hal yang menjadi fokus utama mereka tidak akan jauh-jauh dari cara membuat bisnis menjadi maju sehingga bisa mendatangkan banyak profit.

Karena itulah yang ada di dalam benak mereka tidak lepas dari cara meningkatkan profit, menentukan strategi marketing dan promosi, serta hal-hal teknis lainnya yang cukup umum dalam bisnis. Lalu untuk masalah pemisahan rekening ini justru menjadi nomor sekian bahkan ada sebagian pebisnis yang justru menggunakan rekening pribadinya untuk bisnis.

Keuntungan Mempunyai Rekening Bisnis yang Terpisah

Perlu Anda ketahui jika memisahkan antara rekening pribadi dengan bisnis sebenarnya sangatlah penting untuk dilakukan. Alasannya adalah jika rekening usaha dan pribadi ini terpisah maka akan memudahkan pebisnis dalam mengelola keuangan usahanya. Sebaliknya, jika tidak dipisah, tentu pelaku bisnis akan sulit mengelola keuangannya.

Untuk itu, Anda bisa simak beberapa keuntungan dari memiliki rekening usaha atau bisnis yang terpisah dengan rekening pribadi.

Memudahkan Mengelola Keuangan Bisnis

Sepeti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika memiliki rekening yang terpisah antara bisnis dan pribadi bisa memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda nantinya. Sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika ingin memantau pemasukan dan pengeluaran usaha Anda karena datanya tidak tercampur dengan transaksi pribadi.

Memudahkan Proses Pembukuan

Memisahkan rekening pribadi dengan bisnis juga bisa membantu memudahkan proses pembukuan karena setiap transaksi yang berhubungan dengan bisnis Anda akan tercatat langsung di rekening khusus. Hal ini bisa meminimalisasi terjadinya kesalahan dalam menyusun laporan keuangan karena jika rekeningnya tercampur menjadi satu, maka besar kemungkinan ada transaksi yang terlewat.

Meningkatkan Transparansi Keuangan

Memisahkan rekening bisnis dengan rekening pribadi juga bisa membantu meningkatkan transparansi keuangan, baik itu untuk pribadi ataupun bagi pihak ketiga seperti investor. Adanya transparansi ini juga sangat penting ketika Anda sedang bekerja sama dengan auditor atau rekan bisnis.

Rekening Bisnis Meningkatkan Citra Profesional

Ketika menggunakan rekening usaha secara tidak langsung menunjukkan jika bisnis Anda itu dikelola secara profesional. Sehingga ini bisa meningkatkan citra profesional sekaligus reputasi bisnis Anda serta membantu meningkatkan kepercayaan dari pihak pelanggan, mitra bisnis ataupun vendor.

Memudahkan Penghitungan Pajak

Salah satu alasan pentingnya memiliki rekening usaha yang terpisah dengan rekening pribadi adalah memudahkan Anda dalam mengurus penghitungan pajak. Anda akan lebih mudah mengecek transaksi keuangan dalam periode tertentu jika rekeningnya dipisah. Di samping itu, memisahkan rekening pribadi dan bisnis juga bisa membantu Anda terhindar dari masalah perpajakan nantinya.

Memudahkan Pengajuan Pinjaman

Ketika mengajukan pinjaman atau kredit usaha, dari pihak bank perlu mengecek arus kas dari bisnis Anda. Dengan begitu, memiliki rekening usaha yang terpisah bisa memudahkan pihak bank untuk mengecek keuangan bisnis Anda.

Menjaga Keamanan Finansial

Seorang pelaku bisnis tentu tidak lepas dari yang namanya risiko mengalami kebangkrutan atau memiliki gagal bayar utang. Untuk itu, sebagai upaya untuk menjaga keamanan finansial pribadi dari permasalahan keuangan bisnis, maka sebaiknya memisahkan rekening usaha dengan rekening pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: