Sah! Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029

"Bismillahirrahmanirrahim, demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus lurusnya serta berbakti pada nusa dan bangsa," ucap Prabowo dengan suara lantang.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka Foto Ist

Jakarta, EDITOR.ID,- Sah! Majelis Permusyawaratan Rakyat resmi melantik Prabowo Subianto Djojohadikusumo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029. Pelantikan digelar di Ruang Rapat Paripurna I, Gedung Kura-Kura MPR/DPR/DPD, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Saat mengucapkan sumpah, Prabowo berjanji akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden RI. Dia juga berjanji akan memegang teguh Undang-Undang Dasar (UUD) dan segala peraturannya.

“Bismillahirrahmanirrahim, demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus lurusnya serta berbakti pada nusa dan bangsa,” ucap Prabowo dengan suara lantang.

Setelah itu, Gibran mengucapkan sumpah serupa. Dia berjanji akan menjalankan tugasnya sebagai Wakil Presiden RI dan menjalankan segala Undang-Undang.

Prabowo dan Gibran kompak mengenakan baju adat Betawi saat dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Sidang Pelantikan Prabowo-Gibran Dipimpin Ketua MPR Ahmad Muzani

Sidang pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani dan dimulai pukul 10.07 WIB. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta.

Setelah itu, Muzani membuka sidang paripurna dalam rangka pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029. “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, sidang MPR secara resmi kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 oleh Ketua KPU Mochammad Afifuddin. Berdasarkan keputusan KPU itu, Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,59% dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20% suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi dari 38 provinsi di Indonesia.

Kemudian Prabowo dan Gibran secara berturut-turut mengucapkan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan.

Prabowo Ditemani Putra Tunggalnya, Didit

Sebelumnya Prabowo tiba di Kompleks Parlemen didampingi putra tunggalnya Didit Prabowo sekitar pukul 09.07 WIB. Sementara Gibran datang ditemani sang istri, Selvi Ananda yang mengenakan kebaya merah sekitar pukul 08.41 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: