Megawati Hadir di Pelantikan Prabowo, Dihadiri 1.832 Orang Terbesar

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Mahfud MD Juga Akan Hadir Dalam Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih

Presiden Prabowo Subianto Bersama Wakilnya Gibran Rakabuming Raka Foto Instagram @prabowo

Jakarta, EDITOR.ID,- Presiden Ke-5 RI sekaligus Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri direncanakan akan ikut menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Gedung DPR-MPR Senayan, Jakarta pada Minggu (19/10/2024)

Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik di MPR pada 20 Oktober besok. Panitia pelantikan menggelar acara pesta rakyat di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman yang akan dilalui Prabowo Subianto usai dilantik di gedung MPR hingga istana negara.

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan menghadiri acara pelantikan Prabowo-Gibran. Saat menjawab soal konfirmasi kehadiran Megawati Soekarnoputri, pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah mengucapkan insyaallah.

Sedangkan ketika ditanya soal Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, dia memastikan tokoh bangsa itu bakal hadir.

“Pak SBY hadir,” kata Siti di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat sebagaimana dilansir dari Antara.

Selain itu, menurutnya para calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md bakal hadiri acara pelantikan.

Menurut dia, acara pelantikan presiden dan wakil presiden diprediksi akan dihadiri sekitar 1.100 orang di dalam ruang rapat paripurna yang menjadi tempat utama acara pelantikan.

Angka sekitar 1.100 orang itu terdiri atas 732 orang anggota DPR RI dan Anggota DPD RI.

Pada Jumat ini, MPR RI mulai menggelar persiapan gladi kotor untuk acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Sejauh ini, persiapan acara itu sudah mencapai 80 persen.

“Persiapan sebenarnya sudah kita lakukan jauh-jauh hari, kalau ini tinggal implementasi,” katanya.

Megawati Diundang

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan para presiden dan wakil presiden terdahulu bakal diundang.

“Kami akan datang, akan sowan kepada para mantan Presiden dan para mantan Wakil Presiden biar beliau-beliau juga bisa hadir pada tanggal 20 Oktober,” kata Ketua MPR Ahmad Muzani di gedung MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2024).

Muzani berharap pihaknya dapat menyerahkan undangan secara langsung kepada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia mengatakan sedang mencocokkan waktu dengan tokoh-tokoh tersebut.

“Insyaallah. Ya kami sedang menyesuaikan waktunya beliau-beliau,” ujarnya.

Pertemuan Prabowo dan Megawati Tidak Jadi?

Rencana pertemuan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Presiden RI ke-5 sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut akan dilaksanakan saat hari ulang tahun Prabowo pada 17 Oktober mendatang. Ketua DPP PDIP Puan Maharani membuka peluang momen itu terjadi. Namun hingga hari ini Sabtu 19 Oktober 2024, pertemuan tak kunjung terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: