Bahlil, Rosan Roeslani, dan Boy Thohir Menghadap ke Jokowi di Istana, Ada Apa?

Rosan menjawab bahwa maksud kedatangan mereka untuk menghadap ke Jokowi adalah untuk mengajak 16 pengusaha pertambangan mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Jumat (11/10/2024) mendatang.

Ilustrasi Foto Dok

Jakarta, EDITOR.ID,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia dan Menteri Investasi Rosan Roeslani di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (9/10/2024). Kedua menteri tersebut menghadap Jokowi sekitar pukul 15.00 WIB. Entah apa yang dibahas.

Bahlil, Rosan, dan belasan orang yang mengenakan batik tiba di pintu depan Istana Negara pada 14.40 WIB. Tampak terlihat pengusaha Garibaldi ‘Boy’ Thohir mengenakan kemeja biru. Boy dikenal sebagai pengusaha tambang batu bara dengan grup perusahaan di bawah bendera Adaro Energy.

Usut punya usut, Bahlil dan Rosan ternyata mendampingi sejumlah pengusaha menemui Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Para pengusaha yang hadir antara lain Direktur Utama Adaro Energy Boy Thohir, CEO Indika Energy Azis Armand, hingga pengurus Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Adri Martowardojo.

Ketika ditanya agenda pertemuan dengan Jokowi, Bahlil tidak mau banyak berkomentar. “Setelah rapat, baru ya (kasih keterangan). Ini soal negara,” kata Ketua Umum Partai Golkar ini.

Sementara itu, Rosan menjawab bahwa maksud kedatangan mereka untuk menghadap ke Jokowi adalah untuk mengajak 16 pengusaha pertambangan mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Jumat (11/10/2024) mendatang.

Rosan meyakini dengan mengajak secara langsung untuk melihat perkembangan pembangunan para pengusaha tersebut makin yakin untuk berinvestasi di IKN. “Karena tadi Pak Boy (Thohir) menyampaikan, seeing is believing. Biar mereka bisa melihat pembangunan yang begitu baik, begitu lancar di IKN ini. Sehingga mereka menimbulkan minat untuk investasi yang lebih besar lagi,” katanya.

Bahlil pernah menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI pada era pemerintahan lima tahun pertama Jokowi. Bahlil diangkat menjadi kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada Oktober 2019 karena kedekatannya dengan presiden.

Ia beberapa kali pasang badan untuk Jokowi, misalnya dalam perpanjangan masa jabatan dan juga membantu pemenangan Gibran dengan membentuk Tim Kampanye Strategis.

Sebagai seorang pengusaha, Rosan pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia periode 2015-2021. Pada Pilpres 2024, Rosan didapuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: