Nasdem Gabung KIM Plus Dukung Ridwan Kamil, Surya Paloh: Anies Sulit Maju

Surya Paloh bahkan memberikan sinyal Partai NasDem akan bergabung bersama parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mendukung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. Meski Surya Paloh tidak menyebut gamblang, namun mengatakan hal itu sudah jelas.

Ketum Partai NasDem Surya Paloh Bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) Foto Tangkapan Layar Instagram @PartaiNasDem

Jakarta, EDITOR.ID,- Partai NasDem memastikan tidak akan mendukung Anies Baswedan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta. Ketua Umum Surya Paloh mengatakan Anies susah diusung karena tak mencapai persyaratan dukungan dari partai. Pasalnya, tidak ada satupun partai politik yang bisa mengusung calon sendirian tanpa koalisi dalam Pilkada Jakarta.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang awalnya akan mengusung Anies Baswedan berpasangan dengan kadernya Sohibul Imam, ternyata juga tak berhasil mengusung dan mendaftarkan Anies ke KPU sendirian. PKS butuh 4 kursi dukungan dari parpol lain dan harus berkoalisi.

Demikian pula Partai Nasdem tak bisa mengajukan Anies tanpa berkoalisi. Partai harus melakukan koalisi jika ingin bisa memajukan calon Gubernur dan Cawagubnya di Jakarta.

Hal itu diungkap Ketua Umum NasDem Surya Paloh usai acara penganugerahan bintang jasa dan kehormatan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Surya Paloh bahkan memberikan sinyal Partai NasDem akan bergabung bersama parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mendukung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. Meski Surya Paloh tidak menyebut gamblang, namun mengatakan hal itu sudah jelas.

“Saya pikir itu sudah jelas,” kata Surya Paloh dj Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Surya Paloh menyebut dalam pencalonan perlu adanya saling melengkapi. Surya Paloh menilai semua pihak pasti berpikir untuk mencapai tujuan bersama.

“Saya sudah katakan tadi berulang kali bahwa di dalam pencalonan ya ini bukan hanya NasDem sendiri, supaya ini harus ada kelengkapan, jadi saling melengkapi, saling pengertian. Saya berpikir positif, semuanya tentu berpikir bagaimana yang terbaik ya yang bisa diberikan parpol dalam peran bersama,” ujarnya.

Surya Paloh menegaskan sejak awal, partainya memposisikan diri berada di dalam pemerintahan saat ini.

“Itu sudah saya jelaskan sejak awal, artinya terlepas dari soal itu, NasDem memposisikan diri langsung untuk berada dalam pemerintahan,” ucapnya.

NasDem sebelumnya telah menyatakan mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk Pilkada 2024. Meski demikian, belum ada deklarasi koalisi dengan partai manapun terkait dukungan itu.

Surya Paloh: Anies Sulit Maju di Pilgub Jakarta

Surya Paloh ditanya soal peluang dukung Anies di Jakarta menegaskan sudah tertutup peluang dari Partai NasDem untuk mencalonkan Anies di Pilgub. “Pak Anies ya kalian tahu situasi yang ada. Barangkali susah beliau untuk maju dalam Pilkada Jakarta ini,” kata Surya Paloh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: