Kabar Duet Ridwan Kamil-Presiden PKS di Pilgub Jakarta Semakin Kencang, Benarkah?

Waketum Golkar Buka Peluang Duetkan Ridwan Kamil dengan Kader PKS di Jakarta

Ridwan Kamil dan Ahmad Syaikhu

Jakarta, EDITOR.ID,- Kabar mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan bersanding dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024, makin mencuat ke publik. Konon PKS akan merapat untuk bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus asal diberikan jatah Calon Wakil Gubernurnya dari partai ini.

PKB, PKS, dan Nasdem disebut-sebut akan segera bergabung KIM sehingga menjadi KIM Plus. Koalisi besar itu memunculkan isu duet Ridwan Kamil-Ahmad Syaikhu sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta yang diusung KIM Plus.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) adalah koalisi partai politik yang mengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 yakni Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, dan Garuda.

Golkar Benarkan Duet Ridwan Kamil-Ahmad Syaikhu Menguat di Pilkada Jakarta

Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham mengatakan, Ridwan Kamil (RK) dipastikan maju untuk Pilkada Jakarta setelah Dedi Mulyadi di Jawa Barat.

“Pilgub Jakarta kan sudah diumumkan. Kan (RK) sudah pasti, si Dedi sudah disetujui disana (Jabar), berarti kan RK di sini (Jakarta). Tinggal (pengumuman), saya enggak tahu kapan tapi tinggal proyeksi pasangannya seperti apa itu masih dalam pembicaraan,” kata Idrus saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Idrus mengaku tidak tahu isyarat dari RK soal deklarasi Pilkada Jakarta yakni 8, 16 dan 22 Agustus 2024. Dia menyebut, Ridwan Kamil telah memilih pasangannya di Jakarta.

“Oh enggak, itu kan tinggal masalah pasangan dan bagaimana dukungan-dukungan yang ada. Jadi secara RK sendiri sudah tidak ada masalah,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Mensos ini menyebut dari nama-nama pasangan Ridwan Kamil, salah satunya adalah Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Pertimbangannya adalah jumlah perolehan kursi PKS terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Tidak menutup kemungkinan dong (wakil Syaikhu), melihat dari sisi perolehan kursinya 18, ya gitu loh. Jadi saya kira sangat terbuka,” pungkasnya.

Waketum Golkar Persilahkan Parpol Jadi Cawagub Ridwan Kamil

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. Ia mengatakan, Partai Golkar terbuka kepada semua partai politik untuk mengajukan sosok calon wakil gubernur Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. Sebab, Partai Golkar sudah mengusung kadernya Ridwan Kamil untuk menjadi calon gubernur di Jakarta.

“Ya kami membuka diri, kan Golkar sudah mengusung calon gubernurnya, nah kami lebih menyerahkan lah kepada partai-partai politik yang lain Golkar sudah mengusung calon gubernurnya,” kata Doli saat diwawancarai di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: