Terima Uang 10 Kali dari Terdakwa Korupsi, Inilah Sosok Puteri Indonesia Maluku Utara 2022

Kepada hakim, wanita cantik yang akrab disapa Runny mengaku ia mendapatkan transferan uang dari Abdul Ghani sebanyak 10 kali dengan rata-rata di atas Rp 50 juta. Ia mengaku pernah menerima uang ratusan juta rupiah dari Abdul Ghani.

Puteri Indonesia Maluku Utara 2022, Gusti Chairunnysa Kusumayuda dan Mantan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba

Jakarta, EDITOR.ID,- Mantan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba ternyata sudah 10 kali mengirimi uang ke Puteri Indonesia Maluku Utara 2022, Gusti Chairunnysa Kusumayuda. Hal ini terungkap pada sidang lanjutan terkait kasus suap AGK yang kembali digelar di Pengadilan Negeri Ternate, Rabu (31/7/2024).

Nama Gusti Chairunnysa Kusumayuda menjadi satu di antara daftar wanita cantik yang merasakan uang dari Abdul Ghani Kasuba (AGK). Chairunnysa Kusumayuda, dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan tersebut.

Kepada hakim, wanita cantik yang akrab disapa Runny mengaku ia mendapatkan transferan uang dari Abdul Ghani sebanyak 10 kali dengan rata-rata di atas Rp 50 juta. Ia mengaku pernah menerima uang ratusan juta rupiah dari Abdul Ghani.

Dalam persidangan, Runny dicecar pertanyaan dari hakim mengenai uang ratusan juta rupiah yang diterimanya dari AGK.

Salah satunya mengenai hubungan gadis berparas ayu dan pernah ikut kontes kecantikan Puteri Indonesia itu dengan mantan Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba.

“Tidak ada hubungan apa-apa yang Mulia,” kata Runny membantah jika dirinya punya hubungan khusus dengan AGK.

Tak sampai di situ saja, Hakim juga menanyakan lagi tentang uang yang diperolehnya melalui ajudan AGK tersebut.

“Iya pernah yang mulia saya dapat uang tunai dari terdakwa AGK. Seingat saya ada sekitar 10 kali. Rata-rata di atas Rp 50 juta yang Mulia,” jawabnya lagi.

Uang yang dikirim dari AGK itu, kata Runny, dipakainya untuk kebutuhan pendidikan. “Uang itu dikirim yang mulia untuk biaya pendidikan saya yang mulia,” kata Runny.

Dalam sidang tersebut, Runny mengaku baru mengenal Abdul Ghani Kasuba pada tahun 2022 saat mengikuti seleksi Puteri Indonesia. “Biasanya itu terdakwa beritahu saya melalui telepon kalau ia kirim uang,” beber Runny.

“Uang itu saya tidak minta tapi kalau beliau telpon hanya tanya perihal kepribadian saya hingga kirim uang,” imbuh.

Total uang yang diterima perempuan asal Malut itu dilaporkan mencapai Rp200 juta.

“Saya menerima uang dari terdakwa AGK sebanyak 10 kali, dikirimkan AGK melalui ajudan Ramadhan Ibrahim untuk biaya pendidikan untuk ikut ajang Puteri Indonesia tahun 2022 sebesar Rp200 juta,” kata Gusti Chairunnysa Kusumayuda.

Mendengar kesaksian saksi Gusti Chairunnysa Kusumayuda, terdakwa Abdul Gani Kasuba menyatakan tidak masalah memberikan uang untuk saksi yang pada saat itu mewakili Malut di ajang Puteri Indonesia.

Sebab sebagai warga Halmahera Utara, Gusti Chairunnysa Kusumayuda wajar diberikan uang untuk membantu biaya kuliah karena telah mewakili Malut di ajang tersebut.

Profil Gusti Chairunnysa Kusumayuda

Gusti Chairunnysa Kusumayuda akrab dipanggil Runny, ia adalah Puteri Indonesia Maluku Utara 2022. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: