Ganjar Kini Didukung 4 Parpol Besar Sebagai Capres 2024, Masih Akan Ada yang Menyusul?

Selain PPP, tercatat ada 3 partai lain yang juga mendukung Ganjar maju capres. Yakni PDI Perjuangan yang merupakan rumah bagi Ganjar, PSI dan Partai Hanura. Kemungkinan akan ada tambahan parpol baru yang juga akan merapat ke Ganjar yakni Partai Amanat Nasional (PAN).

PPP Umumkan Ganjar Pranowo Sebagai Calon Presiden 2024 Foto Instagram PPP

Jakarta, EDITOR.ID,- Ganjar Pranowo kembali mendapatkan tambahan dukungan dari Partai Politik. Setelah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rabu (26/4/2023) secara resmi melabuhkan dukungan dan memilih kader PDIP Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Sehingga kini total ada 4 partai politik yang mengusung Ganjar. Yakni PDI Perjuangan, PPP, PSI dan Partai Hanura.

Pengumuman Ganjar capres PPP dilangsungkan di kompleks kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Pakem, Sleman, Rabu (26/4/2023).

Mardiono mengumumkan langsung pencapresan Ganjar. “Setelah melalui musyawarah dan diskusi mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024,” ujar Mardiono di lokasi pengumuman Ganjar Pranowo capres seperti dalam tayangan Youtube PPP.

PPP sebelumnya telah menyelesaikan rangkaian rapat koordinasi pimpinan nasional pada Selasa (25/4/2023). Rakorpim tersebut memang memutuskan satu nama capres yang bakal didukung partai berlambang Kakbah tersebut.

“Memang dari tahapan itu sudah diambil keputusan tapi nanti pengumuman secara resmi saya akan komunikasikan dulu dengan para pihak terkait di dalam perpolitikan ini,” kata Mardiono kemarin.

“Karena itu saya belum menyampaikan figur siapa yang diputuskan oleh rangkaian konstitusi PPP, tapi insyaallah besok akan kita umumkan kepada publik,” imbuhnya saat itu.

Selain PPP, tercatat ada 3 partai lain yang juga mendukung Ganjar maju capres. Yakni PDI Perjuangan yang merupakan rumah bagi Ganjar, PSI dan Partai Hanura. Kemungkinan akan ada tambahan parpol baru yang juga akan merapat ke Ganjar yakni Partai Amanat Nasional (PAN).

“PAN akan segera merapat ke Ganjar tinggal tunggu waktu dan persiapan untuk menampilkan cawapresnya,” tutur sumber EDITOR.ID.

PSI Partai Pertama Pendukung Ganjar

PSI menjadi partai pertama yang mendeklarasikan Ganjar capres 2024. Pada Oktober 2022, PSI memutuskan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau capres di Pilpres 2024.

PSI menyebut keputusan itu berdasarkan hasil polling Rembuk Rakyat yang telah dilakukan sejak akhir Februari 2022.

“Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Senin (3/10/2022).

Grace mengatakan Ganjar unggul dibandingkan calon lain. Dia menilai Ganjar memiliki sikap kebangsaan yang diperjuangkan PSI. “Sejak awal Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya. Bagi PSI Ganjar adalah calon terbaik karena memiliki kebangsaan dan kebinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan PSI,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: