Mohammad Iman Mahlil Lubis si Penukar Barcode QRIS Kotak Amal Sejumlah Masjid Ditangkap

Mohammad Iman Mahlil Lubis si Penukar Barcode QRIS Kotak Amal Sejumlah Masjid Ditangkap

Jakarta, EDITOR.ID. Pelaku penempel stiker QRIS palsu akhirnya ditangkap ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, dan pelaku langsung ditetapkan sebagai tersangka.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Subdit IV/Tipid Siber berhasil menangkap Mohammad Iman Mahlil Lubis (38) pelaku penipuan yang menempelkan stiker QRIS palsu di beberapa masjid di Jakarta Selatan dan Istiqlal.

“Kami sudah melakukan tindakan kepolisian terhadap seseorang atas nama MIML,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis, Selasa (11/4/2023).

Penukar Barcode QRIS di Masjid Nurul Iman Blok M Square dan Masjid Istiqlal adalah orang yang Sama.

Sebelumnya, Trunoyudo sempat menyebut bahwa pelaku yang melakukan mengganti barcode QRIS di kotak-kotak amal sejumlah Masjid di Jakarta Selatan dan Masjid Istiqlal adalah orang yang sama.

“Iya satu pelaku dan orang yang sama,” tutur Trunoyudo.

Sejauh ini, diduga aksi penukaran barcode QRIS di kotak-kotak amal sejumlah Masjid dilakukan oleh satu orang.

“Sementara kami duga masih satu orang yang sama, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kami identifikasi,” ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy, Senin (10/4).

Tersangka berhasil diamankan aparat di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pelaku telah menempelkan barcode QRIS palsu di sejumlah masjid di Jakarta, seperti Masjid Nurullah Kalibata City, Masjid Nurul Iman Blok M, Masjid Agung Al Azhar, Masjid Istiqlal, dan sejumlah masjid lainnya.

“Kita lakukan pengembangan ternyata ada pada yang bersangkutab itu banyaj QRIS yang akan ditempel. Namun dari beberapa tempat ada 38 titik,” kata Kombes Auliansyah.

Kasus ini menjadi perhatian publik setelah di media sosial beredar video rekaman CCTV yang memperlihatkan aksi seorang pria yang diduga mengganti barcode QR Indonesian Standard (QRIS) kotak amal masjid di Blok M, Jakarta Selatan

Kasus ini tergolong baru pertama kali terjadi dan menjadi perhatian publik setelah jagat maya media sosial (medsos) beredar video rekaman CCTV yang memperlihatkan aksi pelaku seorang pria sedang mengganti barcode QR Indonesian Standard (QRIS) kotak amal masjid Nurul Iman di lantai 7 Blok M Square, Jakarta Selatan pada (6/4/2023)

Diketahui pelaku bernama lengkap Mohammad Iman Mahlil Lubis (39), pihak kepolisian menangkap dan menetapkannya sebagai tersangka penipuan stiker QRIS kotak amal di sejumlah masjid.

Modusnya stiker miliknya pelaku ganti dari yang asli stiker Masjid lalu diganti dipasang dengan yang palsu dan penggantinya bukan milik pengelola masjid melainkan milik pelaku yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: