Settia

Wow Rasakan Sensasi Ayam Gosong Nan Pedas Ada di Depok Lho

EDITOR.ID, Depok,- Kuliner yang menyediakan menu nasi ayam dipadu dengan sambel kini sudah bertebaran dimana-mana. Namun ada satu menu ayam yang tidak boleh anda lewatkan alias perlu dicoba, yakni Ayam Gosong khas resep Ny Frieta.

Kedainya berada di Jalan Merdeka, Abadijaya, Sukmajaya, Kota Depok. Tak jauh dari pusat kota. Kedai “Ayam Gosong” di Depok itu kini jadi rujukan pecinta kuliner. Kenapa?

Karena selain citarasanya yang mempertahankan resep khusus masakan rumahan, dan juga rasanya yang khas. “Menu Ayam Gosong ini berawal dari penemuan resep yang tidak disengaja pada tahun 2007,” ujar Frieta Prilia Handayani, sang pemilik sekaligus juru masak menu “Ayam Gosong”.

Frieta mengisahkan bagaimana ia menemukan resep bumbu khusus “Ayam Gosong” . Diawali dari kondisi terdesak untuk memasak ayam dikarenakan kebutuhan perut yang harus diisi dengan bumbu yang ada saat itu.

“Tanpa bisa membeli bumbu yang pada umumnya dipakai sebagai bumbu dasar ayam goreng, karena cuaca tidak memungkinkan saat itu untuk keluar rumah, hujan deras,” ujar Frieta.

Alhasil kondisi memasak yang kepepet akhirnya memunculkan resep ala baru yang bernama “Ayam Gosong Ny Frieta” dan belum diberi nama. Barulah ada seorang teman yang menggemari menu Ayam Gosong ini menyumbangkan ide agar memberikan nama Ayam Gosong.

“Saat itu teman kami Bayu Aryanto sebutlah sebagai pemberi nama dari Ayam Gosong Ny Frieta ya sekitar tahun 2015. Dan alhamdulilah sudah kami daftarkan legalitas hak paten nya,” kata Frieta.

Pertama kali, Frieta membuka kedai “Ayam Gosong Ny Frieta” di daerah Cempaka Putih, Jakarta Pusat selama dua tahun antara 2007 sampai 2009.

“Lumayan setiap harinya kami menghabiskan 50 ekor ayam, saat itu kami jual per ekor dan cara memasaknya dengan dibakar di atas bara ayam,” ujar Frieta mengenang kisahnya pertama kali membuka kedai.

Namun Kedai Ayam Gosong tak bertahan lama. Setelah dua tahun beroperasi, berikutnya dihentikan alias vakum. “Karena waktu itu banyak kegiatan pekerjaan kami sempat mendirikan rias pengantin, wedding organizer, artis management, event organizer, sampai membuat musik label,” ujar Agus Asianto sang suami mengisahkan bisnis kuliner yang digeluti bersama sang istri tersebut.

Nah kini Agus bersama sang istri kembali membuka kedai “Ayam Gosong Ny Frieta” di kawasan Depok. “Ini juga dorongan dari temen-temen yang sering makan menu kami Ayam Gosong disini,” papar Agus.

Kedai “Ayam Gosong Ny Frieta” sudah berdiri selama satu tahun. Pengunjung nya pun cukup lumayan banyak yang penasaran dengan resep Ayam Gosong nya.

Kedai ini menyediakan menu utama yang tentunya Ayam Gosong. Namun kali ini memasaknya tidak lagi dengan cara membakar namun di goreng. Kemudian Kedai Ayam Gosong juga menyediakan menu Ayam Geprek yang tak kalah enaknya dan juga banyak dipesan pengunjung.

“Pendapat para pengunjung mereka sangat suka dengan sambal koreknya yang pedasnya menggigit,” kata Agus.

Kedai ini juga mempunyai menu favorit yakni Ceker Legit. “Khusus untuk menu ini pelanggan harus pesan atau menanyakan ketersediaan ceker legit, sebab stoknya selalu habis dan tidak cepat tersedia mengingat cara memasaknya memakan waktu tidak singkat kurang lebih 5 sampe dengan 6 jam supaya rasa legitnya bisa keluar,” kata Agus.

Anda penasaran? Silahkan mencoba mengunjunginya…

Leave a Reply