Widyatama Latih UMKM Sure Treat Shoes Care Treatment

  • Bagikan
img 20211228 wa0078
img 20211228 wa0078

EDITOR.ID, Bandung – Guna mengamalkan tridarma perguruan tinggi, Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, menggelar kegiatan pelatihan pendampingan keuangan terhadap usaha mikro berbasis akuntansi sederhana pada UMKM, pada Jumat 24 Desember 2021 lalu.

Dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan, oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta LP2M Universitas Widyatama, dilakukan di UMKM Sure.Treat, Shoes Care Treatment.

Menurut Ketua PKM, Mirna Dianitas, SE., MM.,Ak.,CA menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan pendampingan ini, bertujuan agar UMKM khususnya UMKM Sure.Treat, Shoes Care Treatment bisa membuat pembukuan keuangan secara sederhana.

“Dalam kegiatan pendampingan Pelatihan Keuangan Usaha Mikro berbasis Akuntansi ini, kami memberikan cara agar pembukuan secara sederhana untuk UMKM, hal ini bertujuan membuat pembukuan untuk perhitungan untung dalam sebuah usaha UMKM,” paparnya, Selasa 28 Desember 2021.

Pemilik Usaha -Sure.Treat, Shoes Care Treatment yakni Satria Djatnika, S.Ikom,
M. Dwi Patria, S.H dan Anggita Putri, S.Ip mengapresiasi pelatihan pendampingan ini.

“Kami apresiasi kegiatan ini, karena banyak UMKM yang belum memahami pembukuan akuntansi secara sederhana,” terangnya.

Mirna Dianitas berharap, dengan melihat kondisi UMKM Sure.Treat, Shoes Care Treatment, setelah diamati dari kondisi pencatatan keuangannya yang telah dilakukan selama ini baik sebelum, saat, dan setelah terjadinya proses ekonomi.

“Dalam pelatihan, Anggota cluster PKM dari Universitas Widyatama Fakultas Ekonomi Bisnis melakukan survey terlebih dahulu terhadap kebutuhan mitra terkait usaha yang dijalankannya,” jelasnya.

Dalam mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan yang terjadi pada UMKM Mitra.

“Pada aktivitas keuangan pada UMKM yang berhubungan dengan: bahan baku, tenaga kerja, dan overhead pabrik.
Melakukan bimbingan teknis bagi Sure.Treat, Shoes Care Treatment terkait dengan penyusunan pembukuan berbasis akuntansi sederhana yang terdiri dibagi empat tahap,” terang Mirna.

Mirna menambahkan, empat tahap tersebut yakni tahap pertama, menentukan akun-akun baik dari aset, kewajiban dan model, lalu tahap kedua, pencatatan dalam transaksi tahap ketiga, membuat buku besar
tahap keempat, menyusun laporan keuangan,” pungkas Mirna.

Sekilas mengenai Sure.Treat, Shoes Care Treatment, berdiri pada tahun 2020 dan belum memahami dan mengenal bagaimana pembukuan sederhana.

Selain itu, kemampuan mencatat dan membuat laporan keuangan sederhana bagi UMKM juga akan memberikan nilai tambah dalam upaya pemenuhan tambahan modal.

Lokasi UMKM ini berada di Jl. Kekal no. 12a Bandung.

 294 Total Pengunjung,  3 Pembaca Hari ini

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan