Settia

Wawan Layak Jadi Sekda Bondowoso

Wawan Setiawan, Kepala BKD Bondowoso saat dikonfirmasi di ruang kerjanya

EDITOR.ID, Bondowoso,- Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wawan Setiawan sangat layak untuk menjabat Sekretaris Daerah (Sekda). Selain telah duduk di jabatan eselon II, Wawan memiliki jejak rekam dan kompetensi yang pas dengan karirnya sebagai Sekda.

“Beliau layak dipertimbangkan jika melihat jejak rekam dan kompetensi, karena sudah memiliki masa dinas di birokrasi Bondowoso cukup lama dan merintis dari bawah,” ujar Pengamat Birokrasi Heru Prastiono, SH ketika diminta tanggapannya seputar kandidat Sekretaris Daerah pengganti Syaifullah yang telah diberhentikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Heru, sosok Sekda Bondowoso haruslah berlatarbelakang dari birokrat yang independen, memiliki integritas dan loyal. “Figur Sekda ke depan harus mampu membawa dan mengamankan kebijakan bupati untuk memenuhi janji-janji politik yang selama ini masih belum terealisasi dengan baik,” ujar Heru pengamat asal Jember ini.

Selain itu, lanjut Heru, diharapkan pengganti sekda ini juga mampu melakukan komunikasi dengan DPRD sehingga kerja kerja politik bisa berjalan dengan baik pula.

“Jadi nanti kan harapannya sekda pengganti ini mampu melakukan komunikasi politik dengan dewan terkait bagaimana sekda ini bisa mengamankan seluruh kebijakan bupati dan juga mampu menjalin hubungan baik dengan DPRD. Sehingga semua aman dan tidak ada lagi kegaduhan politik di Bondowoso,” katanya.

Wawan Setiawan juga sangat berpengalaman dalam menata organisasi birokrasi. Alumni Fakultas Hukum Universitas Jember tahun 1991 ini dikenal memiliki karakter kerja keras dan inovatif.

Selama memimpin Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bondowoso, Wawan Setiawan banyak menorehkan prestasi. Salah satunya BKD mendapat penghargaan sebagai Instansi Terbaik Pendukung Layanan Klim Otomatis.

Penghargaan ini diberikan oleh PT. Taspen Kantor Cabang Utama Surabaya dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional II Surabaya.

Kepala BKD Bondowoso, Wawan Setiawan mengatakan dirinya bersyukur atas prestasi yang diraih oleh instansi yang sedang dikepalainya tersebut. Penghargaan itu, tentu tidak lepas dari kerja keras seluruh staff yang telah bekerja maksimal.

“Alhamdulillah BKD Bondowoso dapat penghargaan sebagai Instansi Terbaik Pendukung Layanan Klim Otomatis. Ini tidak lepas dari kerja keras seluruh staff,” ucapnya.

Penghargaan ini kata Wawan, diberikan lantaran Bondowoso masuk sebagai salah satu Kabupaten yang mendukung program pembayaran Tunjangan Hari Tua (THT) tepat waktu. Dengan proses administrasi yang cepat dan tepat tersebut, para pensiunan di Republik Kopi selalu menerima dana pensiun tepat pada waktunya.

Ke depan kata Wawan, BKD tengah mengembangkan layanan Taspen Otomatis/Tanpa Usulan. Hal ini untuk menunaikan Peraturan Bupati (Perbup) No 48 Tahun 2016 tentang Peningkatan Pelayanan Administrasi Kepegawaian. Program Taspen Otomatis ini adalah inovasi terbaru dimana BKD akan mengumpulkan data PNS yang pensiun berbasis digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *