Settia

Warga Pekanbaru Tolak Gerakan Neno

Ratusan warga Pekanbaru menghadang aktivis #2019GantiPresiden Neno Warisman yang datang ke kota ini untuk menggelar kampanye Ganti Presiden (Foto: Kompas.com)

EDITOR.ID, Pekanbaru,- Ratusan warga Pekanbaru, Riau menolak kehadiran Neno Warisman di daerah mereka. Massa menghadang dan memblokir gerbang Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru. Akibat aksi ini, mobil yang ditumpangi aktivis yang bersama para politisi Partai PKS menggerakkan aksi #GantiPresiden2019 itu tertahan di pintu keluar bandara.

Warga menolak kedatangan Neno Warisman yang menggelar kampanye deklarasi #2019GantiPresiden di Pekanbaru, Minggu (26/8/2018).

Tokoh penggerak deklarasi #2019GantiPresiden itu tiba di Bandara SSK II Pekanbaru sore hari. Karena massa sudah menunggu di luar bandara, munculnya Neno di ruang kedatangan langsung dikawal pihak kepolisian. Neno Warisman terlihat menutup wajahnya dengan masker.

Pihak kepolisian sempat mengajak Neno Warisman berdiskusi. Tak lama kemudian Neno Warisman masuk ke mobil BMW warna putih.

Namun begitu keluar bandara, di depan gerbang, ratusan massa menghadang jalan dengan membawa sejumlah spanduk. Pintu gerbang pun ditutup.

Aparat kepolisian dan TNI melakukan pengamanan ketat dengan menutup gerbang bandara untuk menghindari adanya tindakan anarkis. Mobil yang ditumpangi Neno Warisman sempat tertahan di gerbang Bandara SSK II Pekanbaru.

Sementara massa terus berusaha menutup jalan. Ratusan massa terus berteriak ‘pulangkan’ Neno Warisman dari Kota Pekanbaru, “Jangan kasih jalan. Pulangkan Neno Warisman. Pekanbaru damai,” teriak para massa. Massa membakar ban bekas di tengah jalan.

Selain itu massa juga melemparkan botol minuman ke arah mobil warna putih yang ditumpangi Neno Warisman. Aksi penghadangan Neno Warisman turut menjadi perhatian bagi masyarakat yang keluar masuk dari bandara.

Petugas memasang garis polisi disekitar gerbang arah keluar bandara dan pintu gerbang ditutup rapat. Tak satu orang pun diperbolehkan masuk ke dalam lingkaran garis polisi, kecuali petugas.

Lebih dari lima jam Neno Warisman tertahan di gerbang bandara. Petugas kepolisian dan TNI mengawal mobil yang ditumpangi Neno. Petugas bersiaga untuk mengantisipasi kedatangan massa yang menolak kedatangan Neno Warisman atau pun yang menjemputnya, meski situasi di gerbang bandara sudah mulai kondusif.

Melihat suasana tidak kondusif lagi, aparat keamanan mengevakuasi Neno Warisman. Beruntung, mantan artis penyanyi ini bisa dikembalikan ke Jakarta menggunakan pesawat penerbangan malam itu juga. Neno pun balik ke Jakarta. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *