TNI AD Buka Pendaftaran Bintara dan Tamtama Khusus Santri dan Lintas Agama

  • Bagikan
ilustrasi tni ad
ilustrasi tni ad

EDITOR.ID, Jakarta,- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman membuktikan janji dan pernyataannya bahwa dirinya akan merekrut anggota TNI AD dari kalangan Pondok Pesantren atau santri dan lintas agama.

Tak sampai dua hari, TNI Angkatan Darat (AD) langsung membuka pendaftaran calon Tamtama Prajurit Karier (PK) Tahun 2022. Rekrutmen itu khusus untuk santri dan lintas agama.

Dalam poster yang dibagikan ke awak media oleh Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad), tertulis pendaftaran gratis 100 persen.

“Ibu Pertiwi memanggil putra-putri terbaiknya. Bergabunglah bersama kami menjadi Tamtama PK Khusus santri dan lintas agama,” tulis poster tersebut, Jumat (3/12/2021).

Rekrutmen akan terbagi dalam dua gelombang. Dari gelombang tersebut terbagi lagi dalam zona Timur dan zona Barat.

Saat gelombang pertama ini, pendaftaran gelombang 1 baik zona Timur dan Barat dimulai pada 3 Januari sampai dengan 23 Februari melalui daring.

Setelah itu, pada tanggal 21 Februari hingga 4 Maret dilakukan daftar ulang dan validasi. Selanjutnya, gelombang II bagi zona Barat dibuka mulai 3 Januari sampai dengan 25 Februari melalui pendaftaran daring.

Tahapan daftar ulang dan validasi dimulai pada 6 September hingga 7 Oktober 2021. Bagi zona timur, pendaftarannya sedikit lebih lama, yaitu dari tanggal 3 Januari hingga 9 September 2022 dan tahapan pendaftaran ulang dan validasi 10 hingga 21 Oktober.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di website www.http:ad.rekrutmen-tni.mil.ad. Selain daring, para peserta bida mendatangi Ajendam dan Ajenrem terdekat di kota masing-masing kota. “Persyaratan, khusus muslim, hafizh Quran,” tulis Dispenad.

Menurut Dispenad, pendaftaran turut dibuka untuk tingkatan Bintara PK Tahun 2022. Pendaftaran bagi calon bintara dibuka untuk pria dan wanita.

Untuk wanita pendaftaran dibuka pada 3 Januari hingga 10 Juli 2022 dalam bentuk pendaftaran daring. Kemudian 11 hingga 22 Juli 2022 dilakukan daftar ulang dan validasi.

Selanjutnya untuk Bintara PK pria sedikit lebih lama, yaitu 3 Januari sampai dengan 10 Agustus. Pendaftaran ulang dan validasi 11 hingga 23 Agustus 2022.

KSAD Akan Rekrut Santri Khusus Tafsir Al-Quran Jadi Prajurit TNI

Sebelumnya KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengumumkan bakal merekrut prajurit TNI dari santri. Perekrutan itu dibuka untuk jenjang Tamtama hingga perwira.

Hal tersebut dikatakan Dudung ketika meninjau Pos Pengamanan Aksi Damai Reuni 212 di Kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

“Pada kesempatan kali ini juga, saya akan merekrut prajurit baik tamtama maupun perwira ini khusus para santri. Dari pesantren-pesantren termasuk dari lintas agama, khususnya dari muslim, ada khusus lagi tafsir Al-Quran,” kata mantan Pangkostrad ini.

Dudung mengungkap alasannya. Sebab, mereka para santri yang dididik di pesantren pastinya memiliki akhlak yang terjaga. “Saya merekrut ini, karena saya yakin kalau dari pesantren, yang sudah dididik agama sudah pasti terjaga masalah akhlak,” tuturnya.

Di kesempatan itu, mantan Pangdam Jaya ini juga mengatakan akhlak itu bisa terimplementasi, maka TNI tidak merugikan rakyat. Dia berharap para santri setelah masuk ke dalam dunia militer dapat lebih tenang ketika menghadapi situasi apapun.

“Para santri ini juga nanti akan jadi prajurit yang berakhlak, prajurit yang di lapangan nantinya menghadapi situasi apa pun mereka lebih tertata di dalam komunikasi khususnya di dalam bertingkah laku,” ujarnya. (tim)

 2,226 Total Pengunjung,  6 Pembaca Hari ini

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan