Settia

Timnas U-16 Tak Pernah Kalah, Menang 4-0 Atas Kamboja

EDITOR.ID, Sidoarjo,- Timnas Indonesia U-16 makin perkasa melibas lawan-lawannya. Bermain di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16, timnas menang lima kali alias tak pernah kalah.

Terakhir timnas hari ini menundukkan Kamboja, 4-0, Senin (6/8/2018) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Dengan demikian tim asuhan Fachri Husaini ini memenangkan seluruh laga di penyisihan grup.

Indonesia telah memastikan status sebagai juara Grup A setelah dalam pertandingan sebelumnya Myanmar bermain imbang 2-2 melawan Vietnam. Myanmar pun berhak menemani Indonesia menjadi wakil Grup A yang tampil di semifinal.

Lawan Indonesia di semifinal masih akan ditentukan pada pertandingan Grup B besok antara Laos melawan Malaysia. Saat ini di Grup A, Thailand memimpin dengan raihan 10 poin dan telah menyelesaikan seluruh laga penyisihan grup. Laos berada di urutan kedua dengan koleksi tujuh poin.

Sementara Malaysia di posisi ketiga dengan empat poin. Partai Laos melawan Malaysia besok akan menjadi laga hidup-mati keduanya untuk memperebutkan satu tiket tersisa. Thailand sendiri telah memastikan diri melaju ke babak empat besar.

Meski tampil dengan banyak pemain lapis kedua, Indonesia tetap tampil mendominasi saat melawan Kamboja. Indonesia membuka kemenangan pada menit ke-11. Gol berawal dari tendangan kaki kiri keras yang dilakukan Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri. Bola berhasil diblok kiper tetapi bola pantulan langsung disambar Rendy Juliansyah.

Unggul dalam penguasaan bola, Indonesia pun menambah keunggulan pada menit ke-20. Memanfaatkan sodoran Rendy Juliansyah, Bagus Kahfi mengontrol bola dengan kaki kiri sambil membelakangi gawang. Dia lalu membalikkan badan dan melepaskan tendangan sedikit melambung yang merobek gawang Kamboja. Gawang Kong Pheaktra pun bobol untuk kedua kalinya.

Pada menit ke-34, Indonesia membuat skor berubah menjadi 3-0. Berawal dari aksi Hamsa Lestaluhu yang merangsek ke pertahanan lawan. Dia lalu melepaskan bola ke depan gawang. Bagus Kahfi sudah menunggu di sana dan melesakkan gol keduanya dalam laga ini.

Indonesia nyaris menambah keunggulan pada menit ke-38. Hamsa melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang pasti masuk ke gawang seandainya tidak diblok dengan kedua tangan kiper Kong sehingga bola melambung di atas mistar.

Memasuki babak kedua, Indonesia tetap tampil menyerang. Mereka kembali sukses menjebol gawang Kamboja pada awal babak kedua. Kali ini Bagus Kahfi kembali mencetak golnya sekaligus memastikan hat-trick-nya. Ini merupkan gol ke-11 nya sepanjang kejuaraan ini.

Meski terus melakukan serangan bergelombang sepanjang babak kedua, Indonesia ternyata tak mampu menambah gol hingga laga terakhir. (tim)

Leave a Reply