Settia

Tangani Penyebaran Corona DPRD Jatim Segera Bentuk Satgas Covid -19

EDITOR.ID, – Surabaya,  Sebagai bentuk kepedulian ikut memberantas virus covid-19 di Jawa Timur, perlu segera di bentuk Satgas Covid -19 DPRD Jatim, supaya legislatif bisa ikut dilibatkan dalam upaya penyaluran anggaran bagi warga terdampak virus corona.

Di temui di ruang kerjanya Dr. Ir. Daniel Rohi ,M. Eng, Sc. IPM Anggota Komisi B Fraksi PDIP DPRD Jatim, sangat sepakat dengan rencana DPRD Jatim akan membentuk Satgas Covid-19, karena apa yang sudah dilakukan DPR RI sudah dipertimbangkan sangat matang, oleh sebab itu harus di desiminasi yaitu dibuat hal yang sama dengan daerah apalagi Provinsi Jawa Timur dan untuk kegiatan penanganan covid-19 ini menyerap anggaran yang cukup besar.

” Dana sekitar 2,3 triliun dalam kegiatan penanganan Covid-19 hampir separuh dari anggaran OPD yang menjadi mitra kerja komisi B DPRD Jatim di bidang Perekonomian ,” ucap Daniel Rohi saat di temui di ruang kerjanya, kamis ( 16/4).

Anggota Komisi B ini juga menyampaikan bahwa dengan keuangan yang cukup besar supaya penggunaannya tepat sasaran karenanya perlu direncanakan oleh kedua belah pihak antara eksekutif dan legistatif serta dalam pelaksanaanya perlu dikawal agar bisa tepat guna dan tepat sasaran.

Sering dijumpai dilapangan tepat sasaran tetapi tidak tepat guna .Artinya tepat sasaran adalah orang yang menerima itu tepat, programnya tepat dan juga berguna atau fungsional untuk menangani pencegahan, pengobatan maupun dampak dari Covid -19 ,” katanya.

Karena itu, lanjut Politisi asal PDI-P , Satgas Covid -19 nanti harus melibatkan semua unsur di DPRD Jatim karena dalam penanganannya lintas disiplin atau lintas sektor maka semua komisi Komisi perlu di libatkan sebab keuangan yang di potong hampir 35 persen di setiap instansi OPD Provinsi Jawa Timur termasuk DPRD Jatim.

” Satgas covid – 19 DPRD Jatim sangat rasional dan harus segera secepatnya diputuskan.Kita mesti punya Sence of Crisis sampai tahap yang memprihatinkan karena menurut informasi puncak penyebaran akan terjadi pada bulan mei mendatang ,” Pungkas Daniel. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *