Settia

Soni Sumarsono Tunggu Jokowi Resmikan Tempat ini

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Sumarsono berharap Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap segera diresmikan. (Foto: Ist)

EDITOR.ID, Sidrap,- Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono mengharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera datang meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap)

Keinginan Soni agar Presiden Jokowi segera datang ke Kabupaten Sidrap tercetus setelah dirinya meninjau langsung kesiapan PLTB Sidrap, di perbukitan Pabbaresseng, Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap, Sulsel, Sabtu (2/6/2018).

“Kalau bisa segera diresmikan Presiden RI Joko Widodo, paling lambat Agustus tahun ini. Semoga bisa terealisasi yah,” kata Sumarsono.

Kedatangan Soni di PLTB Sidrap disambut Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi bersama sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkab Sidrap.

Dalam kunjungan tersebut Soni berdialog dengan pihak PLTB Sidrap. Dalam dialog tersebut Dirjen Otoda Kemendagri ini mempertanyakan manfaat yang diperoleh Sidrap dengan keberadaan pembangkit listrik tenaga angin pertama di Indonesia

“Sidrap harus memperoleh manfaat dengan adanya PLTB ini, minimal tidak boleh terkena dampak pemadaman listrik,” ujarnya.

Soni juga berharap pembangunan PLTB Sidrap tahap kedua segera terealisasi.

“Melihat progres pembangunan PLTB Sidrap ini, saya sangat yakin dapat membantu kebutuhan listrik kita. Dengan begitu, pembangunan PLTB Sidrap tahap kedua dapat segera dilanjutkan,” ujarnya.

Dalam dialog tersebut terungkap bahwa cukup banyak manfaat yang di peroleh masyarakat Sidrap dari keberadaan PLTB tersebut, salah satunya lokasi tersebut dipersiapkan menjadi lokasi wisata.

”Sudah ada perencanaannya, termasuk soal parkir pun sudah dalam perencanaan. Kalau ini sudah terwujud tentu masyarakat Sidrap terutama yang bermukim di sekitar PLTB ini akan mendapatkan manfaat ekonomi,” jelas Sekda Sidrap, Sudirman Bungi yang turut angkat bicara dalam penyambutan pelaksana tugas Gubernur Sulsel ini.

Soni Sumarsono bersama rombongan juga menyempatkan diri meninjau kincir angin dan gardu PLTB tersebut.

Dalam kunjungannya ke Sidrap, Soni didampingi Kadis ESDM Sulsel Gunawan Palaguna, Kepala Inspektorat Sulsel Lutfie Natsir, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel Jufri Rahman, dan pejabat lainnya.

Direktur Operasional PLTB Sidrap Aaron Pritchard, Sekretaris Daerah (Sekda) Sidrap Sudirman Bungi beserta sejumlah kepala SKPD Sidrap, tampak hadir menyambut rombongan Soni.

Hebatnya dari PLTB ini semua konstruksi dan desain teknologinya dikerjakan anak bangsa. Proyek sejenis ada juga di Jeneponto, Sulsel. Dijadwalkan beroperasi Agustus 2018. Proyek PLTB di Jeneponto juga sudah ditinjau Sumarsono beberapa pekan lalu. (tim)

Leave a Reply