Settia

Rencana Penutupan Jalan Tahap II Tunggu Pantuan Sepekan ke Depan

Semarang – Rencana penambahan penutupan jalan di sejumlah ruas jalan di Kota Semarang atau penutupan tahap II, ditunda. Keputusan tersebut diambil setelah Pemerintah Kota Semarang dan Polrestabes Semarang berkoordinasi.

Dari informasi yang beredar rencananya mulai Selasa 7 April 2020 jam 18.00 hingga jam 06.00, akan dilakukan penutupan tahap II. Diantaranya Jalan Dr Wahidin dari Kaliwiru hingga pertigaan Sisingamangaraja. Lalu di Jalan Supriyadi, Jalan Hasanudin hingga Tanah Mas, Jalan Tanjung hingg Pemuda serta Jalan Basudewo hingga BKB (lingkar).

“Penambahan penutupan ruas jalan sebenarnya merupakan cara paling ampuh untuk mengajak masyarakat agar tetap berdiam di rumah. Namun demikian, bapak Walikota tetap mempertimbangkan akses masyarakat yang berada di luar zona utama kota Semarang, untuk itu rencana itu sementara ditunda,” ungkap Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi, Selasa (7/4).

Terkait kapan rencana itu akan direalisasikan, Yuswanto membeberkan, belum diketahui pasti. Namun yang jelas Polrestabes Semarang dan Pemerintah Kota Semarang akan memantau perkembangan situasi dalam sepekan ke depan.

“Apa dalam jangka waktu itu warga Kota Semarang sudah secara mandiru mampu membatasi kegiatan di luar rumah atau belum,” ujarnya.

Kalau nanti dalam pantuan tersebut, warga dinilai masih belum dapat secara mandiri mampu membatasi kegiatan di luar rumah, tidak menutup kemungkinan penambahan penutupan ruas jalan akan dilaksanakan pada minggu depan.

“Lihat hasil dari pantauan itu dulu. Kalau belum ada kesadaran tidak menutup kemungkinan penutupan tahap II akan dilakukan,” jelasnya.

Yuswanto mengimbau supaya warga tetap mematuhi apa yang sudah dianjurkan pemerintah. Yakni tetap di rumah, hindari kerumunan, jaga jarak, selalu cuci tangan dan lainnya.

“Mari bersama-sama kita saling menyadari dan memahami bahwa pencegahan penyebaran virus corona salah satunya adalah dengan cara meminimalisasi aktivitas kita di luar rumah. Mari bersama perangi virus Corona. Kita di rumah, untuk Indonesia bebas Korona,” ungkapnya.

Sebelumnya lima jalan protokol di Semarang sudah diberlakukan penutupan setiap hari dari pukul 18.00 hingga pukul 06.00. Adapun lima ruas jalan itu diantaranya Jalan Pemuda mulai Paragon Mall hingga Tugumuda. Lalu, Jalan Gajahmada mulai Simpanglima sampai Simpang Gendingan, Jalan Pahlawan mulai Air Mancur hingga Simpang Lima serta Jalan Ahmad Yani mulai Simpang RRI sampai Simpang Lima.

Tak hanya itu di lima titik tersebut juga ditutup total dimulai Jumat pukul 18.00 hingga Senin pukul 06.00. (dealova)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *