PWI: Dr Bachtiar Pantas Pimpin Jakarta Karena Penuhi Kriteria Ini

Sosok Pj DKI Jakarta harus punya karakter Netralitas, Berpengalaman, Profesional dan Mampu Merawat Persatuan dan Kesatuan

Jakarta, EDITOR.ID,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah mengajukan 6 nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Dari keenam calon yang diusulkan mengerucut ke tiga nama kandidat kuat. Yakni Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Dr Bachtiar, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Direktur Peneliti Public Watch Integrity (PWI) Drs Asri Hadi MA memberi saran ke Presiden Joko Widodo agar memilih sosok Pj Gubernur DKI Jakarta yang jadi harapan publik.

“Sosok Pj DKI Jakarta harus mampu menjaga netralitas, profesional, dan punya pengalaman khususnya dalam mengelola pemerintahan,” ujar Asri Hadi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (14/9/2022)

Sosok tersebut lanjut Asri Hadi juga mampu menjaga kondusivitas dan merawat keberagaman.

Menurut PWI, pemimpin Jakarta harus mampu mengelola persatuan dan kesatuan, pembinaan wawasan kebangsaan.

“Sehingga bisa merawat harmoni sosial.politik Jakarta,” papar dosen senior Ilmu Pemerintahan di IPDN ini.

Menurut Asri Hadi dari ketiga kandidat yang muncul memang memenuhi syarat.

“Tapi yang punya karakter kepemimpinan dan kekuatan merawat persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, profesional, punya sikap netralitas dan sudah berpengalaman adalah Doktor Bachtiar,” tegas Asri Hadi.

Karakter kepemimpinan Dr Bachtiar, lanjut Asri Hadi sudah teruji baik di internal Kemendagri maupun secara eksternal saat menjabat Plt Gubernur Kepri.

“Saya berharap dalam memilih PJ gubernur DKI, Bapak Presiden bisa mempertimbangkan sosok yang punya kriteria. Yakni orang yang netral, profesional dan pengalaman, khususnya dalam mengelola persatuan dan kesatuan, pembinaan wawasan kebangsaan, sehingga bisa merawat harmoni sosial politik di Jakarta,” papar peneliti Ilmu Pemerintahan jebolan Monash University Australia dan FISIP UI.

“Menurut saya itu semua ada pada diri Bahtiar yang memang sejak dari menjadi praja IPDN dan meniti karir di Kementrian Dalam Negeri  hingga sekarang menjadi eselon 1 Dirjen Kemendagri, setiap mendapatkan penugasan selalu berhasil dengan baik,” tambahnya.

Bachtiar dinilai Asri Hadi adalah sosok yang berintegritas.

“Terutama beliau sangat berpengalaman dalam mengelola birokrasi, Doktor Bachtiar akan mampu membawa Jakarta sebagai kota yang nyaman, aman dan melayani warga Ibukota dengan profesional,” pungkas Asri Hadi. (Tim)