EDITOR.ID, Bandung – Instagram merupakan media sosial yang tidak hanya popular di kalangan masyarakat, tetapi juga banyak difungsikan untuk berbagai kebutuhan. Hal ini juga ternyata disadari oleh UPT Parkir Kota Bandung. Salah satu media komunikasi UPT Parkir dengan masyarakat Kota Bandung adalah Instagram.? Sejauh ini Instagram digunakan untuk menyampaikan informasi terkait layanan parkir dan menjadi media alternatif untuk menerima aspirasi untuk optimalisasi layanan parkir tersebut.
Dari sisi fungsi, Instagram sesungguhnya sangat powerful untuk menyampaikan informasi, membangun kesadaran publik, dan mengubah perilaku masyarakat agar tertib dalam melakukan aktifitas parkir dimanapun.Hal ini lah yang menjadi pendorong Prodi Ilmu Komunikasi Telkom University berbagi pengalaman dalam pengelolaan Instagram agar followernya bisa meningkat, kontennya menarik sehingga mampu meningkatkan engagement publik.
Untuk memenuhi hal tersebut, maka Prodi Ilmu Komunikasi Telkom University menyelenggarakan sharing dan diskusi kepada tim pengelola Instagram UPT Parkir. Sharing dan diskusi ini dilakukan pada hari Jum?at, tanggal 26 November 2021 kemarin.
Fokus nya adalah sharing knowledge tentang optimalisasi fitur-fitur pada Instagram dan mebangun kapasitas atau kemampuan produksi konten secara praktis bagi tim pengelola Instagram UPT Parkir.
Seperti yang diungkap oleh salah satu narasumber, yakni Bapak Nur Atnan, bahwa dari hasil analisis kondisi Instagram UPT Parkir yang menjadi highlight adalah akun sebaiknya menggunakan akun bisnis agar bisa dipantau perkembangannya, fitur-fitur yang potensial membangun engagement perlu dioptimalkan seperti live dan story. Disamping itu, seperti yang diungkap oleh narasumber lain, Itca Wahyuni bahwa konten baik berupa foto atau pun video termasuk juga caption perlu dibuat lebih kreatif karena inilah yang menjadi pintu masuk meningkatkan engagement dengan publik.
“Untuk mengantisipasi keterbatasan jumlah sumberdaya manusia dan kesibukan anggota tim Instagram, maka diperlukan strategi khusus berupa pemanfaatan aplikasi yang tersedia pada smartphone untuk edit baik berupa foto maupun video. Sehingga setiap anggota tim bisa menjadi kontributor konten kreatif pada Instagram UPT Parkir”, ungkap Itca.***