Prabowo dan Gibran Sowan ke Raja Jogja, Ada Apa?

Prabowo mengaku mendapat wejangan dari Sri Sultan Hamengku Buwono X usai pertemuan bersama Gibran. "Beliau (Sultan) kasih wejangan-wejangan," kata Prabowo saat keluar ruang pertemuan bersama Sri Sultan dan Gibran Rakabuming Raka.

Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Cawapresnya Gibran Rakabuming Raka Sowan ke Sri Sultan Hamengkubuwono X

Yogyakarta, EDITOR.ID,- Pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sowan ke Raja Yogyakarta yang sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Senin (22/1/2024). Ada agenda apa gerangan?

Pertemuan tersebut berlangsung tertutup di ruang Gubernur DIY yakni di Gedhong Wilis. Pertemuan antara ketiganya berlangsung sekitar 1,5 jam sejak pukul 11.30 WIB hingga 13.00 WIB.

Usai pertemuan, Sultan menyebut berbincang dengan Prabowo-Gibran terkait banyak hal. Obrolan yang dilakukan juga dalam rangka Pilpres 2024.

“Ngobrol-ngobrol aja, ngobrol ke sana kemari. Ya kan nanti kalau enggak ngomong macem-macem enggak percaya teman-teman. Kita memang ngobrol macem-macem memang dalam rangka Pilpres,” kata Sultan usai bertemu Prabowo-Gibran di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Senin (22/1/2024).

Sultan menyebut bahwa ia bertukar pikiran dengan Prabowo-Gibran. Meski begitu, Sultan menyebut tidak ada pembahasan khusus.

“Tapi semua itu kita bicara secara umum dalam arti ya kita tukar pikiran saja. Kalau Pilpresnya, kampanye dan sebagainya ya monggo, karena saya bukan bagian dari itu. Makanya Dalam kesempatan ini teman-teman silakan mengajukan pertanyaan, tapi kita tidak ada pembahasan khusus,” ucap Sultan.

Prabowo mengaku mendapat wejangan dari Sri Sultan Hamengku Buwono X usai pertemuan bersama Gibran. “Beliau (Sultan) kasih wejangan-wejangan,” kata Prabowo saat keluar ruang pertemuan bersama Sri Sultan dan Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo menyampaikan terima kasihnya karena telah diterima dengan baik oleh Sultan. Pertemuan tersebut kata Prabowo, juga sebagai bentuk sowan kepada Sultan sebagai pemimpin di Provinsi DIY.

“Kami berterima kasih dapat diterima oleh Ngarso Dalem (Sultan) dalam keadaan yang baik. Kami mohon waktu tadi, hanya sowan, melaporkan, minta izin masuk ke daerah lah,” ucap Prabowo.

“Saya kira itu yang intinya jadi sesuai budaya kita, adat kita, kalau mau masuk ke suatu tempat kami datang ke yang tua, kami izin begitu,” ungkap Prabowo.

Prabowo mengaku bahwa banyak perbincangan yang dibahas bersama Sultan. Mulai dari masalah teknologi, hingga masalah masa depan negara.

“Dapet juga tadi pandangan-pandangan beliau tentang beberapa masalah terutama juga masalah masa depan, masalah teknologi, dan sebagainya. Beliau kasih wejangan-wejangan yang kami terima, juga minta pandangan-pandangan beliau tentang beberapa hal,” ujarnya.

Ditengah kunjungannya ke Sultan, Prabowo juga disambut para pendukungnya. Mereka sudah menunggu kedatangan Prabowo yang didampingi Gibran di depan Kompleks Kantor Gubernur DIY. Diperkirakan massa yang datang mencapai ratusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: