Settia

Polri Kembali Kirim Dua Pasukan Perdamaian Dunia

EDITOR.ID, Jakarta,- Kepolisian Republik Indonesia kembali mengirimkan dua kontingen Pasukan Perdamaian Dunia. Mereka akan bertugas menjaga misi perdamaian di daerah Darfur, Sudan dan Bangui, Republik Afrika Tengah. Misi kemanusiaan yang dilaksanakan para Bhayangkara itu membawa nama Indonesia di masyarakat dunia.

Upacara Pemberangkatan Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara II FPU 12 UNAMID dan FPU 2 MINUSCA berlangsung pada Rabu, 2 September 2020 bertempat di Aula Bareskrim Lantai 9 Mabes Polri.

Upacara pemberangkatan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M. Si. dan dihadiri oleh Kadivhubinter Polri Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum dan Karomisinter Divhubinter Polri Brigjen Pol Krishna Murti, S.I.K, M.Si.

Sebagai penyelenggara Misi Internasional Polri dengan menggunakan virtual meeting dari ruang kerja Kapolri.

Peserta upacara pemberangkatan hanya diikuti oleh 30 orang perwakilan dari 280 Peace Keeper Polri yang akan diberangkatkan ke daerah misi di Darfur Sudan dan Bangui Rep. Afrika Tengah.

Kebijakan 30 orang perwakilan diterapkan dalam rangka mendukung penerapan social distancing ditengah pandemi covid-19. Demikian siaran pers yang dikirimkan Biromisinter DivHubinter Polri kepada EDITOR.ID di Jakarta, Rabu (2/9/2020)

Kapolri Jenderal Polisi Drs. IDHAM AZIS, M.Si dalam amanatnya menyampaikan bahwa anggota Polri yang bertugas pada misi PBB merupakan delegasi Polri ( Indonesia ) yang memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga nama baik Negara Kesatuan Republik Indonesia di mata internasional.

Kapolri Memberikan Sambutan pada Upacara pemberangkatan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M. Si. dan dihadiri oleh Kadivhubinter Polri Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum dan Karomisinter Divhubinter Polri Brigjen Pol Krishna Murti, S.I.K, M.Si.(Sumber Foto: BIROMISINTER DIVHUBINTER POLRI)

Bendera merah putih di lengan kiri adalah personifikasi negara, sehingga beban yang diemban tidaklah ringan.

Kapolri secara khusus menekankan kepada para Kasatgas yang memimpin pasukan nanti, agar cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan di daerah misi.

Dan diharapkan mampu mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang telah dilatihkan selama masa Latpragas.

Usai menerima amanat langsung dari Kapolri, kedua kontingen pasukan perdamaian dunia tersebut telah secara resmi dilepas untuk selanjutnya melaksanakan tanggungjawab tugas di daerah misi di Darfur – Sudan dan Bangui – Republik Afrika Tengah.

Biro Misi Internasional merupakan satuan kerja di bawah struktur Divisi Hubungan Internasional Polri yang membawahi Bagian Perdamaian dan Kemanusiaan atau Bagdamkeman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *