Settia

PKS-PDIP Kompak Bersatu di Bengkulu

Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah, menerima Rekomendasi PDIP yang diserahkan Sekjend DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Jumat (28/8/2020).

EDITOR.ID, Bengkulu,- Berbeda pandangan ideologi tak menghalangi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melangsungkan perkawinan politik dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan). Dua parpol berlatar belakang nasionalis dan agamis ini bersatu dan kompak mengusung Rohidin Mersyah, menjadi bakal cagub di Pilkada Bengkulu 2020.

Rohidin bakal berpasangan dengan Rosjonsyah, yang saat ini menjabat Bupati Lebong. Selain PDIP dan PKS, Paslon Rohidin Mersyah-Rosjonsyah juga didukung oleh Partai Golkar.

Surat Rekomendasi dari PDIP untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 sudah ditandatangani Ibu Mega dan dikabarkan jatuh ke petahana Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.

Surat Keputusan (SK) Rekomendasi dukungan PDIP itu tertera dalam Surat Keputusan (SK) Rekomendasi Pengusungan Nomor 2085/IN/DPP/VIII/2020 ditujukan kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bengkulu tanggal 28 Agustus 2020. PDIP memiliki tujuh kursi di DPRD Bengkulu.

“Alhamdulillah PDIP Perjuangan memberikan kepercayaan untuk mengusung kami (Rohidin-Rosjonsyah) untuk Pilgub Bengkulu,” ujar Rohidin saat dihubungi via telepon (29/8/2020).

Rohidin mengaku, dirinya sudah sejak lama menjalin komunikasi secara intens dengan PDIP untuk Pilgub Bengkulu. Mudah-mudahan dukungan PDIP pembangunan di Provinsi Bengkulu ini bisa berkelanjutan.

Sementara hingga berita ini diturunkan belum diperoleh keterangan resmi dari DPD PDIP Provinsi Bengkulu terkait keluarnya rekom dari DPP PDIP untuk Pilgub Bengkulu tahun 2020.

PKS juga disebut mendukung Rohidin-Rosjonsyah di Pilgub Bengkulu. Ketua DPW PKS Sujono mengatakan penyerahan SK akan dilakukan langsung oleh Presiden PKS Sohibul Iman.

“Tetapi khusus untuk SK calon gubernur dan calon wakil gubernur, itu nanti Presiden PKS sendiri yang akan menyerahkannya,” kata Sujono.

Artinya, Rohidin-Rosjonsyah telah mengantongi dukungan dari gabungan parpol dengan total 17 kursi di DPRD Bengkulu. Rinciannya, PDIP dan Golkar masing-masing tujuh kursi dan PKS tiga kursi.

Jumlah tersebut telah memenuhi syarat dukungan parpol dengan jumlah minimal 9 kursi di DPRD Bengkulu untuk mendaftar ke KPU. (made)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *