Settia

Piala Dunia 2018: Benamkan Tunisia 5-2, Belgia Lolos 16 Besar

EDITOR.ID, Moskow,- Timnas Belgia membenamkan Tunisia dengan skor telak 5-2. Kemenangan besar ini mengantar Belgia ke puncak klasemen Grup G dan lolos ke babak 16 besar. Sementara Tunisia terbenam di juru kunci grup dan harus tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Kemenangan meyakinkan Belgia 5-2 tak lepas dari penampilan ciamik Eden Hazard dkk yang tampil dominan sepanjang 90 menit dalam pertandingan kedua Grup G Piala Dunia 2018, di Spartak Stadium, Moskow, Sabtu (23/6) malam WIB.

Hujan gol dari Belgia dihasilkan masing-masing oleh Eden Hazard pada menit ke-6 dan 51, ditambah dua gol Romelu Lukaku pada menit ke-16 dan 45. Michy Batshuayi menambah keunggulan Belgia di menit ke-90.

Sementara, Tunisia sendiri hanya mampu membalas dua gol melalui Dylan Bronn pada menit ke-18 dan Wahbi Khazri di menit ke-93.

Dengan kemenangan ini, Belgia untuk sementara memimpin klasemen Grup G Piala Dunia 2018 dengan 6 poin. Belgia sebelumnya sukses mengalahkan Panama dengan skor 3-0 di pertandingan pertama.

Kemenangan atas Tunisia, sekaligus memastikan Belgia lolos ke babak 16 besar. Belgia akan menghadapi Inggris di pertandingan terakhir, Jumat (29/6/2018) mendatang.

Sedangkan untuk Tunisia, kekalahan ini membuat mereka harus tersingkir lebih awal dari persaingan di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, Tunisia menelan kekalahan 1-2 saat menghadapi Inggris di pertandingan pertama.

Belgia yang memulai kick off di babak pertama, langsung berinisiatif melakukan serangan ke lini pertahanan Tunisia. Menit ke-5, Belgia mendapat hadiah penalti dari wasit, setelah Syam Ben Youssef menjatuhkan Eden Hazard di kotak penalti. Hazard yang maju sebagai algojo, sukses memperdaya Farouk Ben Mustapha. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Belgia.

Unggul satu gol, Belgia terus menekan lini pertahanan Tunisia. Hasilnya, mereka peroleh pada menit ke-16 lewat gol yang dicetak Romelu Lukaku.

Tertinggal dua gol, Tunisia gantian menekan pertahanan Belgia. Tunisia mampu memperkecil ketinggalan lewat gol yang dicetak Dylan Bronn pada menit ke-18. Berawal dari tendangan bebas, Wahbi Khazri mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti Belgia. Bola langsung disambut sundulan Dylan Bronn, dan tidak terjangkau Thibaut Courtois. Skor berubah menjadi 2-1.

Memasuki waktu tambahan, Belgia menambah keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Romelu Lukaku. Skor berubah 3-1 untuk keunggulan Belgia dan bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, Belgia tetap memegang kendali permainan dengan terus melancarkan serangan ke lini pertahanan Tunisia.

Belgia kembali menambah gol di menit ke-51 lewat aksi Eden Hazard. Memanfaatkan umpan terobosan Toby Alderweireld, Hazard melakukan akselerasi dengan melewati kawalan pemain Tunisia untuk menaklukkan Farouk Ben Mustapha. Skor berubah 4-1 untuk keunggulan Belgia.

Menit ke-59, Tunisia memiliki peluang untuk mencetak gol. Sayang, upaya upaya Fakhreddine Ben Youssef dapat dipatahan barisan pertahanan Belgia.

Tunisia kembali mendapat peluang di menit ke-67. Upaya tendangan jarak jauh yang dilepaskan Anice Badri, dengan mudah diamankan Thibaut Courtois.

Belgia kembali mendapat peluang di menit ke-80. Sayang, upaya Yannick Ferreira-Carrasco masih bisa digagalkan Farouk Ben Mustapha. Bola liar kemudian disambut Michy Batshuayi, namun hanya mengenai mistar gawang.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan dan waktu tambahan, Belgia terus mengurung pertahanan Tunisia. Michy Batshuayi menambah keunggulan Belgia di menit ke-90. Tunisia kemudian mampu memperkecil ketinggalan melalui gol yang dicetak Wahbi Khazri di menit ke-93.

Hingga wasit wasit Amerika Serikat (AS), Jair Marrufo, meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap bertahan 5-2 untuk keunggulan Belgia.

Susunan Pemain:

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Dedryck Boyata, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, Dries Mertens (Youri Tielemans 86), Eden Hazard (Michy Batshuayi 66), Romelu Lukaku (Marouane Fellaini 59).

Tunisia (4-3-3): Farouk Ben Mustapha, Dylan Bronn (Hamdi Nagguez 24), Yassine Meriah, Syam Ben Youssef (Yohan Benalouane 41), Ali Maaloul, Ferjani Sassi (Naim Sliti 59), Ellyes Skhiri, Saif-Eddine Khaoui, Anice Badri, Fakhreddine Ben Youssef, Wahbi Kazri. (tim)

Leave a Reply