Settia

Persib Perkasa Hantam Persebaya 4-3

Pemain Persib merayakan golnya ke gawang Persebaya (Sumber Foto: VikingPersib.co.id)

EDITOR.ID, Jakarta,- Ribuan bobotoh Persib Bandung meluapkan kegembiraan setelah tim kebanggaannya menjuarai paruh musim Liga 1 2018. Persib memastikan menduduki rangking satu Liga-1 setelah menumbangkan Persebaya 4-3 dihadapan tuan rumah di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (26/7/2018).

Kemenangan pada laga pekan ke-17 itu membawa mereka lompat dari posisi kelima menjadi ke pertama.

Dalam duel klasik dihadapan ribuan supporter Persebaya, Persib bermain sangat taktis. Meski sempat tertekan pada awal babak pertama, namun klub asal Bandung ini mampu mencuri gol.

Persebaya sebenarnya mendapatkan dua peluang lewat David da Silva pada menit kelima awal pertandingan. Namun pemain asal Brasil itu membuang peluang dengan tembakannya yang masih tak tepat ke arah gawang.

Terus menyerang, Persebaya justru kecolongan pada menit ke-5. Menerima umpan silang dari Ezechiel N’Douassel yang bergerak di sisi kiri mengirim umpan lambung jauh ke depan gawang Persebaya. Bola atas tersebut mampu dituntaskan Supardi Nasir menjadi gol melalui tandukan kepala tanpa bisa dijangkau penjaga gawang Miswar Saputra.

Supardi Nasir mampu mencetak gol keduanya pada menit ke-22. Kali ini dia memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Ezechiel yang membentur mistar gawang.

Persebaya yang mencoba memperkecil ketertinggalan lewat serangan sporadis tak dapat berbuat apa-apa. Rapatnya pertahanan Persib membuat skuad asuhan Alfredo Vera kesulitan mencetak gol. Hingga babak pertama usai, skor 2-0 bertahan.

Pada babak kedua, Persebaya yang tak mau dipermalukan di depan pendukungnya kembali mencoba mengambil inisiatif serangan. Namun, mereka kembali tertinggal setelah Ghozali Siregar mencetak gol ketiga Persib lewat skema serangan balik pada menit ke-53.

Tertinggal 3 gol membuat Alfredo Vera mengubah strategi. Dia menggantikan Rendi Saputra dan memasukan pemain gaek Robertino Pugliara pada menit ke-56. Strategi itu berhasil karena baru semenit masuk, Pugliara langsung memberikan umpan manis kepada Ricky Kayame yang berhasil menjebol gawang Muhamad Natshir dan membuat kedudukan menjadi 1-3.

Pugliara kembali menjadi tokoh penting bagi terciptanya gol kedua Persib tujuh menit berselang. Umpan manisnya membuat Fandi Eko Utomo mampu menipiskan kedudukan menjadi 3-2.

Namun spekulasi Vera dengan memasukan penyerang Yohanes Pahabol untuk menggantikan gelandang Muhamad Hidayat justru berbuah petaka. Persebaya kekurangan orang di lini tengah dan akhirnya kembali kebobolan oleh Ghozali Siregar pada menit ke-81.

Upaya Persebaya untuk menyamakan kedudukan hanya berbuah satu gol Da Silva pada menit ke-88. Alhasil, Persebaya Surabaya pun harus tunduk dari tamunya Persib Bandung dengan skor 3-4.

Hasil itu membuat Persib mengantongi 29 angka dari 17 laga paruh pertama Liga 1 2018. Mereka menyalip Barito Putera yang berada di posisi kedua dengan perolehan 28 angka. (tim)

Leave a Reply