Settia

Pansel Siapkan Seleksi Calon Pejabat Pemkab Bondowoso

Dosen Hukum Tata Negara Universitas Jember Dr. Rini Anggraeni, SH. MH ikut menjadi anggota Pansel dalam kegiatan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab. Bondowoso.

EDITOR.ID, Bondowoso,- Panitia Seleksi Pemutasian dan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Bondowoso hari ini (28/08/2020) mulai menggelar rapat persiapan. Rapat dilaksanakan di aula antapura nayaka wibawa BKD Bondowoso dihadiri oleh lima orang panitia seleksi yang sudah dibentuk oleh Bupati Bondowoso.

Lima orang tersebut terdiri dari 2 orang unsur birokrat dan 3 orang di luar birokrasi yang terdiri dari akademisi, instansi lain dan satu orang pakar.

Dua orang dari unsur birokrasi yakni ketua panitia seleksi (Asisten Administrasi Umum) dan Sekretaris (Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah).

Agenda rapat hari ini antara lain mulai dari persiapan, seleksi ulang kompetensi terhadap beberapa calon pejabat yang akan mengikuti seleksi pergeseran, menyusun bahan rekomendasi pemutasian dan menyusun tahapan seleksi terbuka yang harus dilaksanakan dalam waktu dekat.

Dalam rapat awal hari ini panitia seleksi merekomendasikan jumlah Jabatan Pimpinan Tinggi yang akan dilakukan pergeseran sebanyak delapan perangkat daerah dan dua belas perangkat daerah direkomendasikan untuk dilakukan seleksi terbuka (open bidding). Rapat hari ini berlangsung siang hingga malam hari.

Sesuai dengan peraturan perundang undangan, bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama harus dilakukan dengan transparan dan kompetitif. maka pelaksanaan promosi jabatan didasarkan pada kebijakan dan Manajemen ASN yang dilakukan sesuai dengan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan.

Untuk itu dalam rangka pengisian jabatan tinggi harus pula memperhatikan ketentuan dalam sistem merit, antara lain seleksi dilakukan secara terbuka dan memperhatikan larangan konflik kepentingan.

Ketua Pansel Wawan Setiawan menyatakan bahwa seleksi terbuka akan betul-betul memperhatikan ketentuan yang dipersyaratkan.

”Pansel akan bekerja secara optimal, obyektif dan marathon baik untuk seleksi melalui pergeseran maupun open bidding,” pungkas Wawan Setiawan yang juga Plt Kepala BKD Bondowoso.

Seperti diketahui bahwa banyaknya kepala perangkat daerah yang masih dijabat oleh Plt sudah menjadi perhatian publik sehingga dapat berpengaruh pada kualitas pelayanan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *