Settia

Lantunan Ayat Al Qur’an di Piala Dunia Bikin Merinding Penonton, Beri Pesan Islam untuk Manusia Seluruh Dunia

Potongan ayat suci Al Quran di Surat Al-Hujurat ayat ke-13 ini dikumandangkannya dengan indah oleh Ghanim Al Muftah yang merupakan Brand Ambassador Piala Dunia 2022.

Jakarta, EDITOR.ID,- Pembacaan lantunan ayat suci Al Qur’an di awal upacara pembukaan Piala Dunia 2022 membuat merinding qolbu setiap umat. Sedikitnya 60 ribu penonton yang mengikuti opening di di Stadion Al Bayt, Al Khor Minggu (20/11/2022) malam WIB hening dan khusuk mendengarkan lantunan Surat Al-Hujurat ayat ke-13.

‘Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ’

Potongan ayat suci Al Quran di Surat Al-Hujurat ayat ke-13 ini dikumandangkannya dengan indah oleh Ghanim Al Muftah yang merupakan Brand Ambassador Piala Dunia 2022.

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal,” ujarnya mengartikan ayat tersebut.

Dikutip dari repository Universitas Muhammadiyah Surabaya, surat Al-Hujurat ayat 13 tidak menggunakan panggilan hanya kepada orang-orang beriman. Ayat ini menyebut seluruh manusia tanpa kecuali.

“Artinya ayat ini mengurai prinsip dasar hubungan manusia. Ayat menegaskan kesatuan asal-usul manusia dengan menunjukkan kesamaan derajat kemanusiaan manusia,” tulis repository tersebut.

Ghanim hadir di pembukaan untuk melantunkan ayat suci Al Quran tepatnya Surat Al-Hujurat ayat 13.

Lalu aktor asal Amerika Serikat Morgan Freeman masuk untuk menyampaikan pidato pembukaan. “Sepak bola menyatukan bangsa,” kata Morgan Freeman.

Morgan Freeman muncul di panggung. Aktor, sutradara, dan narator terkenal dari Amerika itu juga berdialog dengan Ghanim Al Muftah. Morgan yang dipercaya menjadi narator untuk acara pembukaan bersama Ghanim Muftah saling berkisah tentang kemanusiaan dan persatuan.

Soal kemanusiaan, Ghanim lantas melantunkan potongan ayat suci Al Quran. Surat Al-Hujurat ayat ke-13, dikumandangkannya dengan indah.

Penonton dibuat merinding saat Brand Ambassador Piala Dunia 2022 Ghanim Al Muftah masuk ke lapangan lalu melantunkan ayat suci Al Quran tepatnya Surat Al-Hujurat ayat 13.

Warganet atau netizen ikut mengomentari pembukaan Piala Dunia 2022 yang diwarnai adanya lantunan ayat suci Al-Quran oleh Ghanim Al Muftah. Beragam reaksi netizen pun bermunculan di media sosial mengomentari adanya lantunan Al-Quran di pembukaan Piala Dunia 2022. Mulai dari menangis terharu hingga merinding.

“Keren openingnya. Ada kajian ayat suci Al-Quran,” ucap seorang netizen.

“Merinding banget Ya Allah,” ucap netizen lainnya.

“Masya Allah,” ujar netizen lainnya.

“Asli, gua nangis pas part ini,” ujar warganet lainnya.

Leave a Reply