Settia

Ketika Jenderal Agus Bernostalgia di Kampung Halamannya

EDITOR.ID, Blora, Jawa Tengah,- Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H menggelar Kunjungan Kerja ke wilayah Blora, Jawa Tengah, Jumat, (14/02/2020). Kehadiran jenderal bintang tiga Polri itu menjadi kenangan dan momen kebahagiaan tersendiri karena Blora adalah tempat kelahirannya.

Kunjungan kerja Jenderal Agus akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu Jumat dan Sabtu dari tanggal 14 hingga 15 Februari 2020. Kehadiran Kabarhakam membawa misi Kapolri Jenderal Idham Azis untuk membangun sinergitas dengan unsur TNI dengan mengunjungi Batalyon Infanteri (Yonif) 410/Alugoro.

Selain kunjungan ke Yonif 410/Alugoro, Kabaharkam beserta rombongan akan menggelar bhakti sosial dan bakti kesehatan Polri yang akan dipusatkan di lapangan Kridosono Blora Jawa tengah.

Namun, alumnus Akpol 1989 itu juga memanfaatkan kunjungannya untuk bernostalgia dan menziarahi makam orang tuanya.

Jenderal polisi yang sarat pengalaman di bidang reserse itu tiba di Blora menggunakan helikopter Polda Jateng. Begitu mendarat di lapangan Batalyon Infanteri 410/Alugoro, mantan Kapolda Sumatera Utara ini langsung disambut dengan meriah oleh Marching Band Canka Lokajaya 410/Alugoro.

Lagu lagu kebangsaan mengiringi kedatangan Jendral kelahiran Blora tersebut.

Suasana guyup rukun, nampak hangat ketika pejabat TNI Polri berkumpul bersama dalam sebuah momen pertemuan di Aula Yonif 410/Alugoro.

Berada di tengah-tengah tentara membawa Agus pada kenangan akan masa kecilnya. “Saya sangat senang bisa datang ke sini karena saya lahir dan besar di sini. Saya dibesarkan pula dari keluarga TNI,” ujar perwira tinggi Polri kelahiran Blora, 16 Februari 1967 itu.

Menurut Agus, banyak kerabatnya yang menjadi tentara. “Keluarga saya banyak yang TNI dan istri saya juga anak dari prajurit TNI berpangkat letkol,” katanya.

Dalam kunjungan ke Yonif 410/Alugoro Blora tersebut, Kabaharkam menyerahkan tali asih dan alat olahraga, “Kegiatan ini adalah salah satu wujud sinergitas TNI Polri, Semoga Sinergitas TNI Polri makin kuat, untuk melayani masyarakat,” ucap Kabaharkam.

Agus pun akan terus berupaya mendorong sinergitas Polri dan TNI. Mantan Kapolda Sumatera Utara itu menegaskan, TNI dan Polri punya kesamaan tugas dalam menjaga NKRI.

“Kita sebenarnya tidak ada perbedaan, hanya saja seragam yang membedakan. Jika kita buka seragam, kita satu jiwa satu sepenanggungan,” katanya di hadapan para personel Batalyon Infanteri 410/Alugoro.

Lebih lanjut Agus menceritakan masa mudanya di Blora. Lapangan Batalyon Infanteri 410/Alugoro pun bukan tempat asing baginya.

“Saya juga dahulu biasa main di sini. Dahulu pada saat SMA mendapatkan pelatihan Paskibra,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *