Settia

Kenapa Jokowi Pilih Agus Gumiwang Jabat Mensos?

EDITOR.ID, Jakarta,- Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri. Pelantikan Agus sebagai Mensos digelar di Istana Negara, Jakarta Jumat (24/8/2018) sekitar pukul 15.30 WIB.

Pelantikan Agus berdasarkan Keppres Nomor 148p Tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode tahun 2014-2019. Agus dipilih setelah Idrus Marham memutuskan mundur dari menteri sosial karena ingin fokus hadapi masalah hukum di KPK.

Kenapa Jokowi Memilih Agus Gumiwang? Jokowi mengungkap alasannya memilih anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar sebagai Menteri Sosial baru.

“Pertama kapasitas beliau, kita semua tahu dan beliau di DPP juga berkaitan dengan Kesejahteraan. Saya kira pilihan kita tidak jauh-jauh, tidak meleset,” kata Jokowi di Istana, Jumat (24/8/2018).

Jokowi pun berpesan kepada Agus Gumiwang untuk segera fokus dalam menangani masalah gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain itu, Jokowi juga mengingatkan soal penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Tugas khususnya ya segera menyelesaikan Masalah yang ada di NTB dan masalah-masalah yang berkaitan dengan persiapan untuk PKH di 2019. Itu saja,” kata Jokowi.

Sementara soal status Agus Gumiwang yang menjadi bagian dalam struktur tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019, Jokowi mengaku tak tahu. Dia menekankan, yang terpenting saat ini adalah kinerja kementerian.

“Ini baru siang tadi diputuskan. Kita juga enggak hapal pak Agus di tim kampanye yang apa. Kita nanti lihat saja. Yang paling penting, utamanya tugas kementerian, jangan sampai berimbas oleh masalah,” tutur Presiden.

Usai dilantik Presiden di Istana, Mensos pengganti Idrus Marham ini langsung menggelar serah terima jabatan di kantor Kementerian Sosial, kawasan Salemba, Jakarta Pusat, pada hari yang sama pukul 18.30 WIB.

Awalnya, Kemensos sempat memberitahu kepada awak media bahwa sertijab akan dilaksanakan pada Senin (27/8/2018). Namun, harus dipercepat lantaran Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan ke Lombok. Maka itu sedianya ada Mensos yang baru untuk mendampingi.

“Karena besok Pak Jokowi mau ke Lombok dengan Mensos, jadi harus Sertijab,” kata Kepala Humas Kemensos.

Serah terima jabatan Menteri Sosial antara Idrus Marham kepada Agus Gumiwang berlangsung di lantai 2 ruang rapat kantor Kementerian Sosial RI, Jakarta.

Dalam sambutannya Agus Gumiwang mengatakan dirinya akan mempertahankan kinerja Kementerian Sosial (Kemensos) yang menurutnya telah berjalan dengan baik, karena sistem yang telah terbentuk. “Inilah salah satu kontribusi dari Pak Idrus Marham sebagai Mensos yang tentu pasti akan saya lanjutkan,” ujar Plt Ketua DPD Golkar DKI Jakarta ini.

Agus juga mengatakan akan meniru gaya kerja Idrus sebagai Mensos yang menurutnya selalu mengedepankan suasana kekeluargaan. “Kadang kebolak-balik mana yang Menteri mana yang Dirjen, saya akan siap melakukan itu juga,” ucap Agus.

Dalam jangka pendek, Agus mengatakan, fokus Kemensos akan melakukan rehabilitasi Lombok pasca bencana gempa bumi. Ia mengaku telah berbicara dengan Sekjen Kemensos untuk segera mengatur agar dirinya dapat meninjau daerah bencana Lombok sesegera mungkin. “Kalau bisa besok,” kata Agus.

Sebelumnya diberitakan, Idrus Marham mengundurkan diri dari jabatannya yang baru diemban selama 7 bulan. Sebab, KPK telah menetapkan sebagai tersangka berkaitan dengan kasus dugaan korupsi PLTU Riau-1 yang menjerat anggota DPR fraksi Golkar, Eni Saragih.

Kasus suap PLTU Riau-1 bermula dari operasi tangkap tangan KPK terhadap 13 orang pada Jumat, 13 Juli 2018, di beberapa tempat di Jakarta. Salah satu yang ditangkap adalah Eni Saragih. Wakil Ketua Komisi VII DPR itu ditangkap di rumah dinas Idrus Marham. Dalam OTT itu KPK menyita uang Rp 500 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan tanda terima uang.

Idrus Marham mundur dari jabatan Menteri Sosial dan pengurus DPP Golkar karena menjadi tersangka dalam kasus suap PLTU Riau-1. Dia diberi tahu menjadi tersangka sejak Kamis sore, 23 Agustus 2018.

Idrus Marham mengatakan dirinya akan menjalani semua proses hukum. “Saya ingin berkonsentrasi mengikuti proses hukum sesuai dengan aturan dan dengan sebaik-baiknya,” kata Idrus Marham.

Profil Mensos Agus Gumiwang

Agus Gumiwang Kartasasmita mengawali karier sebagai pengurus Generasi Muda Partai Golongan Karya (Golkar), Agus Gumiwang Kartasasmita terpilih menjadi salah satu ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar periode 2004-2009. Sebelumnya, pria yang akrab disapa Agus ini pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mewakili pengusaha dari Gapensi saat usianya masih 28 tahun.

Leave a Reply