Settia

Kena Getaran Gempa, Anggota DPR Berhamburan Ketakutan!

Rapat di DPR yang tengah berlangsung pun berhenti sementara. Salah satunya rapat di Komisi II DPR. Anggota dewan dan peserta rapat berlarian meninggalkan ruangan.

Jakarta, EDITOR.ID,- Gempa yang mengguncang Cianjur Jawa Barat intensitasnya juga dirasakan hingga Jakarta siang ini. Akibatnya sejumlah anggota dewan di gedung DPR ketakutan dan berhamburan keluar dari gedung.

Seluruh anggota dewan, karyawan, hingga petugas keamanan di dalam gedung DPR sebagaimana dilansir dari detikcom, berhamburan keluar, Senin (21/11/2022) pukul 13.23 WIB. Mereka panik dan riuh berlarian ke luar gedung.

Rapat di DPR yang tengah berlangsung pun berhenti sementara. Salah satunya rapat di Komisi II DPR. Anggota dewan dan peserta rapat berlarian meninggalkan ruangan.

Hanya tersisa beberapa orang di dalam. Namun hal itu terjadi beberapa saat. Saat suasana kondusif, para peserta rapat kembali ke ruangan dan rapat dilanjutkan.

Berdasarkan keterangan Akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Twitter, gempa bumi bermagnitudo 5,6 SR mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11).

Getaran gempa bumi yang terjadi pada pukul 13:21:10 WIB itu dirasakan hingga di Jakarta. Pusat gempa berada di koordinat: 6.84 LS-107.05 BT. Kedalamannya 10 kilometer. Titik gempa itu sekitar 10 kilometer di barat daya Kabupaten Cianjur.

“Tidak berpotensi tsunami,” twit akun @infoBMKG di Twitter.

Efek gempa itu juga dirasakan warga di beberapa wilayah. Mereka melaporkan merasakan gempa. Di Jakarta, warga di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, hingga Jakarta Pusat merasakan getaran yang kuat selama beberapa menit.

Sementara warga Jakarta, Pipit yang berkantor di lantai 10 sebuah gedung di kawasan Jalan Jenderal Sudirman mengaku merasakan getaran gempa yang sangat kuat.

“Terasa kenceng sekali bergoyang,” ujar Pipit saat menuruni tangga kantornya.

Getaran kuat gempa juga dirasakan oleh warga di Depok, Bogor, hingga Tangerang Selatan.

Budi seorang warga Bogor yang berada di Jalan Pemuda, mengatakan, dirinya merasakan getaran kuat dari gempa yang berlangsung beberapa saat lalu.

“Getarannya sangat berasa. Kencang,” ujarnya Budi.

Getaran keras juga dirasakan oleh warga Depok siang ini. “Di Depok kuat banget getarannya,” ujar Heri, warga di sekitar GDC, Depok.

Gempa bumi bermagnitudo 5,6 SR mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11), pukul 13:21:10 WIB.

Pusat Gempa

Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 13.21 WIB, Senin (21/11/2022). Titik koordinat gempa berada di 6,83 derajat LS dan 107,06 derajat BT dengan kedalaman 5 km. Gempa berpusat di Cianjur, Jawa Barat. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *