Settia

Jokowi: Dukungan TGB Rasional

EDITOR.ID, Jakarta,- Presiden Joko Widodo mengapresiasi dan memuji dukungan tokoh pemimpin muda intelektual muslim,Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Saya kira beliau melihat dengan rasionalitas yang wajar,” kata Jokowi di JCC, Jumat (6/7/2018).

TGB menyatakan dukungannya bagi Jokowi kembali memimpin Indonesia tahun depan agar seluruh program yang dijalankan dapat diselesaikan dengan baik.

Menurut pria yang saat ini menjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat itu, keputusan mendukung Jokowi telah melalui pertimbangan yang berkaitan dengan kemaslahatan bangsa, umat dan akal sehat.

“Dari tiga hal itu, menurut saya sangat pantas dan fair kita beri kesempatan Presiden Jokowi untuk terus melanjutkan dua periode dan menyelesaikan apa yang selama empat tahun ini sudah dimulai,” kata TGB.

Ia mengkhawatirkan program atau kebijakan yang berjalan dapat mandek bahkan berubah apabil terjadi perubahan di tingkat kepemimpinan nasional.

Sehingga, TGB menilai wajar dan adil apabila Jokowi kembali memimpin Indonesia lima tahun mendatang.

Presiden Jokowi mengapresiasi pandangan Politikus Partai Demokrat itu terhadap pemerintah.

“Itu bentuk penghargaan terhadap pemerintah. Beliau sampaikan rasionalnya seperti itu,” tutur Jokowi.

Ditempat terpisah Sekretaris Jenderal Alumni Al Azhar Mesir Cabang Indonesia, Muchlis, menyatakan sikap politik Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mendukung Jokowi lahir dari tafsir yang bersangkutan terhadap petuah Grand Shaikh Al Azhar Ahmad Muhammad ath-Thoyyib.

TGB adalah Ketua Alumni Al Azhar Mesir Cabang Indonesia.

Dikatakan Muchlis, ath-Thoyyib saat berkunjung ke Indonesia pada Mei lalu pernah berpesan kepada TGB untuk selalu mengambil peran sejalan dengan prinsip tengahan.

Petuah itulah yang menurut Muchlis ditafsirkan TGB sehingga akhirnya menyatakan dukungan kepada Jokowi.

“Itu (dukungan TGB) setelah pemikiran cukup panjang. Saya pribadi mendukung pilihan tersebut, seperti yang disampaikan oleh Grand Shaikh Al Azhar saat berkunjung ke Indonesia, berpesan kepada TGB, ‘apapun posisi kamu, harus berperan atau mengambil peran sejalan dengan prinsip tengah-an’,” ujar Muchlis sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (5/7/2018).

“Tentu beliau (TGB) punya tafsiran tersendiri tentang sikap atau pandangan yang dinilai moderat dalam situasi politik di tanah air sekarang ini,” ujarnya menambahkan.

Tak hanya itu, calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak turut mengapresiasi kinerja pemerintahan Jokowi hampir lima tahun terakhir.

Namun, ia enggan blak-blakan bakal mendukung Jokowi kembali memimpin Indonesia mendatang.

Sementara itu, pasangannya, calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tegas menyatakan bakal mendukung Jokowi jika maju mencalonkan diri dalam Pilpres 2019. (tim)

Leave a Reply