Settia

Jaringan Arek Ksatria Airlangga dan GMNI Surabaya Kompak Bersama Masyarakat Lawan Covid-19

EDITOR.ID – Surabaya, Selain tindakan medis, pencegahan penyebaran virus Corona juga membutuhkan edukasi masyarakat sebagai wujud sosialisasi terkait covid-19.

Untuk itu Jaringan Arek Ksatria Airlangga (Jaka) sebuah komunitas para alumni dan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya yang peduli pada kegiatan sosial kemasyarakatan bersama Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Surabaya berpartisipasi aktif untuk menekan penyebaran covid-19 melalui kampanye edukatif bersama masyarakat.

Aksi mereka antara lain dilakukan pada Rabu (1/4/2020) dengan melakukan edukasi dan penyemprotan disinfektan pada beberapa kampung dan pasar tradisional disekitar kawasan Bratang dan Rungkut Surabaya serta memberikan bantuan 500 botol hand sanitizer untuk masyarakat, pedagang asongan dan ojek online.

 

“Corona ini merupakan pendemi yang harus dilawan dan menjadi musuh bersama masyarakat. Kita cegah penyebarannya secara bergotongroyong dengan cara mematuhi semua himbauan pemerintah serta mengajak para kaum muda untuk bersama-sama melakukan edukasi di seluruh lapisan masyarakat” kata  Ketua GMNI Surabaya Aldian Dwi Pamungkas.

Aldian menyatakan, GMNI membentuk gugus tugas relawan yang ingin meringankan dan membantu kerja-kerja pemerintah serta meringankan kerja tim medis dengan cara membuka posko bantuan maupun pengaduan masyarakat sekitar terkait pandemi covid-19.

“GMNI sangat berterima kasih kepada Jaringan Arek Ksatria Airlangga atas support dan kontribusinya terhadap gerakan kemanusiaan ini”, tutur Aldian.

Sementara itu, Koordinator Ksatria Airlangga Teguh Prihandoko mengatakan organisasi mahasiswa yang membentuk satuan gugus tugas relawan covid 19 seperti yang dilakukan oleh GMNI cabang Surabaya ini harus di dukung dan di support penuh sebagai wujud konkrit gerakan mahasiswa untuk masyarakat.

Ksatria Airlangga, kata dia akan terus berkontribusi terhadap gerakan kemanusiaan ini dengan memberikan support  dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat seperti hand sanitizer, sarung tangan maupun supplemen.

“Kami sangat menyambut baik langkah GMNI cabang Surabaya melalui satgas covid-19 ini, selain melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian sarana pencegahan penyebaran virus corona, mereka juga  melakukan edukasi bersama masyarakat untuk berpatisipasi aktif mengatasi penyebaran virus corona”, ujar Teguh.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, para relawan  mahasiswa dari GMNI cabang Surabaya yang tergabung melalui satgas covid-19 ini telah mendapat edukasi, pembekalan serta bantuan lainnya dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Satpol PP propinsi Jawa Timur. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *