Settia

Jangan Remehkan Penyakit Ginjal, Kenali Gejalanya Dan Waspadai!

EDITOR.ID, Jakarta,- Jangan pernah meremehkan penyakit ginjal. Jika ginjal kita terkena gangguan kesehatan selain biaya mahal juga membuat kita tak mampu melakukan aktivitasa apapun. Oleh karena itu sejak awal kenali gejala atau tanda-tanda jika ginjal anda mulai terkena gangguan. Karena mengenali gejala penyakit ginjal penting untuk Anda ketahui.

Apalagi penyakit ini sering kali terlambat terdeteksi, karena beberapa tandanya mirip dengan kondisi atau penyakit lain. Dengan mengenali gejalanya, langkah pengobatan pun dapat dilakukan dengan tepat dan sedini mungkin.

Di Indonesia, penyakit ginjal termasuk dalam 10 penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Oleh karena itu, Anda perlu lebih waspada dan mengenali tanda-tanda penyakit ginjal dengan saksama.

Semakin cepat penyakit ginjal terdeteksi, semakin cepat pula Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan begitu, penyakit ginjal yang diderita bisa terkontrol dengan baik, bahkan tidak tertutup kemungkinan fungsi ginjal bisa kembali normal.

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Sebelumnya telah disebutkan bahwa penyakit ginjal kerap tidak menimbulkan gejala atau tanda pada tahap awal. Meski begitu, Anda perlu waspada bila mengalami tanda-tanda berikut ini sebagaimana dilansir dari Alodokter.com:

1. Mudah lelah

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Pada akhirnya, hal ini bisa menyebabkan penderitanya mudah alami kelelahan dan sulit konsentrasi.

2. Kulit gatal

Tanda-tanda penyakit ginjal selanjutnya adalah kulit gatal. Kulit penderita penyakit ginjal bisa menjadi mudah gatal karena pengaruh dari fungsi ginjal yang tidak bisa membuang racun di dalam darah dengan baik.

3. Kram otot

Ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh dapat terjadi saat alami gangguan fungsi ginjal. Kekurangan atau kelebihan elektrolit tertentu bisa mengganggu kinerja otot dan saraf, sehingga penderitanya rentan mengalami kram otot.

4. Mual dan muntah

Penyakit ginjal menyebabkan sisa metabolisme menumpuk di dalam darah. Kondisi ini bisa memicu munculnya rasa mual dan muntah, bahkan tak jarang berujung pada menurunnya nafsu makan.

5. Bau mulut

Tanda-tanda penyakit ginjal berikutnya adalah bau mulut. Penderita penyakit ini bisa mengalami bau mulut akibat ginjal tidak bisa menyaring racun dengan baik. Tidak hanya memicu bau mulut, makanan yang dikonsumsi pun bisa memberikan sensasi rasa logam di lidah.

6. Gangguan buang air kecil

Keinginan untuk buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal. Ini bisa terjadi akibat penurunan fungsi ginjal dalam menyaring darah dan mengeluarkan urine.

Meski sering buang air kecil bisa menjadi tanda penyakit ginjal, ada kalanya keluhan ini disebabkan oleh penyakit lain, seperti infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria. Pada penyakit ginjal yang sudah berat, penderitanya justru akan sulit atau bahkan tidak dapat buang air kecil sama sekali.

7. Urine berwarna cokelat

Tanda-tanda penyakit ginjal lainnya adalah urine berwarna cokelat. Urine bisa berwarna cokelat akibat ginjal gagal menyaring sel darah merah dan justru membuangnya bersama urine. Pada akhirnya, urine mengandung sel darah merah cukup banyak dan berwarna kecokelatan.

8. Urine berbusa

Selain berwarna cokelat, urine berbusa juga bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ini terjadi ketika saringan atau filter ginjal mengalami kerusakan, sehingga protein dalam darah ikut keluar melalui urine.

9. Pergelangan kaki atau kaki bengkak

Penyakit ginjal dapat mengganggu pengeluaran natrium dan air, sehingga memicu penumpukan cairan dalam tubuh. Efeknya, penderita penyakit ginjal rentan mengalami pembengkakan, biasanya di sekitar mata dan daerah kaki.

Meski begitu, keluhan ini tidak selalu menjadi tanda penyakit ginjal. Pasalnya, penyakit lain seperti penyakit jantung dan penyakit hati juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami kaki bengkak.

10. Nyeri punggung

Tanda-tanda gangguan pada ginjal berikutnya adalah nyeri punggung. Biasanya, sakit punggung yang disebabkan oleh penyakit ginjal muncul di area punggung bawah atau samping.

Itulah tanda-tanda penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui. Anda juga harus lebih waspada dengan penyakit ini, terutama jika menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Hal ini karena risiko terkena penyakit ginjal akan meningkat bila Anda memiliki kondisi tersebut.

Jika Anda mengalami beberapa tanda-tanda penyakit ginjal di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti apa penyebab dari keluhan yang Anda rasakan. (tim)

Leave a Reply