Jadi Sorotan Karena Punya Harta Rp27 Miliar, Kapolda Riau Akhirnya Buka Suara

Kapolda Riau Jelaskan Sumber Harta Rp27 Miliar yang Disorot: Saya Patuh LHKPN, Tak Ada yang Ditutupi

Jakarta, EDITOR.ID,- Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal sempat jadi perhatian publik setelah beredar kabar ia disebut-sebut menjadi polisi nomor dua yang paling tajir. Konon total harta kekayaan jenderal bintang dua ini mencapai Rp 27 miliar.

Nilai harta Iqbal tersebut diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Harta kekayaan Mohammad Igbal berupa tanah, mobil, uang di bank.

Menanggapi hal tersebut Irjen Mohammad Iqbal akhirnya blak-blakan menjelaskan darimana sumbernya ia memperoleh harta kekayaannya sebesar Rp27 miliar yang menjadi sorotan.

Menurut Iqbal, harta puluhan miliar rupiah itu karena terjadi kenaikan nilai jual objek pajak (NJOP) tanah yang sudah lama dibelinya.

“Saya patuh pada regulasi, LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) itu pada tahun 2021. Saya patuh dan jujur, tidak ada yang disembunyikan,” ujar Iqbal dalam keterangan tertulis sebagaimana dilansir dari detikcom, Jumat (16/9/2022).

Lebih lanjut Iqbal mengatakan bahwa dirinya rajin melaporkan harta kekayaan ke KPK. Iqbal mengaku terakhir kali pada 2021 saat masih menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Iqbal mempunyai harta bergerak dan harta tidak bergerak yang di antaranya meliputi empat bidang tanah dan bangunan.

“Yang tiga lahan itu sudah lama sekali. Pertama di Kota Pekanbaru, di daerah Mulyorejo. Lahan kosong, belum ada dibangun,” ujarnya.

Iqbal mengaku membeli tanah itu dengan sistem lelang. Berikutnya, Iqbal juga punya tanah di Sidoarjo, Jawa Timur. Tanah ini dibeli pada tahun 2005 senilai Rp400 juta dengan cara mencicil selama dua tahun.

Lalu, ada tanah di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang dibeli oleh istrinya dengan uang yang diberikan oleh mertua dan nilainya tidak sampai Rp1 miliar.

Ketika menjadi Kadiv Humas Polri, Iqbal membeli rumah di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rumah itu dahulu ia kontrak sejak tahun 2012.

“Saat saya Kadiv Humas, saya beli rumah di Kelapa Gading, bekas saya ngontrak sudah dari tahun 2012 sampai 2019, saya cicil dan saya beli harganya Rp 6 miliar,” sambungnya.

Iqbal juga memiliki tiga unit mobil. Ada pula tabungan senilai puluhan juta rupiah.

“Saya bersyukur. Alhamdulillah, semoga ini berkah bagi saya,” ujarnya. (tim)