Settia

Inovasi Sang Walikota Cegah Warganya Tertular Corona

EDITOR.ID, Surabaya,- Siang malam memikirkan rakyatnya agar terhindar dari penularan virus Corona atau Covig-19, Walikota Surabaya Tri Rismaharini akhirnya mampu mempersembahkan inovasi bernama bilik disinfektan. Temuan ini banyak mendapat pujian dari publik Surabaya.

 

 

Terobosan yang diperkenalkan Walikota perempuan pertama di Surabaya ini bisa digunakan untuk warganya dalam upaya memproteksi dan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dengan pola hidup sehat dan bersih.

“Kalau pakai hand sanitizer hanya membersihkan tangan. Namun, dengan bilik disinfektan ini maka seluruh tubuh dibersihkan sehingga badan benar-benar bersih dari berbagai virus dan kuman,” kata Risma lewat siaran pers yang diterima, Sabtu (21/3/2020).

Dalam teleconference antara Wali Kota Risma yang juga Ketua DPP PDIP dengan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Wali Kota Risma mempromosikan secara langsung alat disinfektan baru, berupa bilik untuk membersihkan diri.

“Kalau pakai hand sanitizer hanya membersihkan tangan. Namun, dengan bilik disinfektan ini maka seluruh tubuh dibersihkan sehingga badan benar-benar bersih dari berbagai virus dan kuman,” ujar Risma dengan penuh semangat.

Bilik ini, dia menambahkan, diberi nama Bilik Disinfektan Trisakti. Dia berharap dengan adanya bilik ini warga Surabaya dapat terus terhindar dari Virus Corona.

“Ini adalah sebuah bentuk kreativitas progresif untuk melindungi warga Surabaya dan ini baru secara resmi diserahkan Rektor IT Telko Surabaya Tri Arif Sarjono,” jelasnya.

Saat teleconference dengan Hasto tersebut, Wali Kota Risma yang dikenal progresif dan terus berkreasi melindungi warga Surabaya ini menjelaskan bahwa bilik desinfektan yang baru secara resmi diserahkan Rektor IT Telkom Surabaya Tri Arif Sarjono kepada Wali Kota Risma di rumah dinas wali kota, Sabtu (21/3/2020) ini di mudah dibuat.

Risma mengungkapkan, alat ini adalah modifikasi dari shower untuk mandi. Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan serta tim teknis menambahkan blower yang di dalam bilik untuk menyemprotkan disinfektan dengan ukuran tertentu.

“Hasilnya selain lingkungan diamankan dengan penyemprotan disinfektan maka tubuh pun akan terlindungi,” terangnya.

Politisi PDIP itu menerangkan, saat ini pihaknya sedang merancang model yang berbentuk lorong sehingga mampu bekerja cepat dan skalanya lebih besar.

Menanggapi terobosan yang dilakukan Risma, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengapresiasi kerja kadernya sebagai kepala daerah yang cepat tanggap. Menurut Hasto ini adalah langkah positif dari wali kota yang dikenal terdepan di dalam mencegah penyebaran virus Corona di kotanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *