Settia

Innalilahi wa Innalilahi Rojiun Turut Berduka Cita, Ibunda Presiden Wafat

EDITOR.ID, Jakarta – Innalilahi wa Innalilahi Rojiun …..Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo telah berpulang ke Rahmatullah hari ini tepat pukul 16.45 WIB di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah. Ibunda Jokowi tutup usia pada umur 77 tahun.

Almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah beberapa hari.

Berita duka meninggalnya Sudjiatmi dikabarkan oleh Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi.

“Berita duka. Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Jokowi berpulang di Solo pukul 16.45 WIB tadi,” demikian kabar duka yang disampaikan Budi Arie.

Berita duka wafatnya ibunda Jokowi juga diperoleh kabar dari Mensesneg Pratikno.

Kabar ini dikonfirmasi pula oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian, “Benar,” kata dia.

Meninggalnya Sudjiatmi Notomihardjo tentu membawa duka bagi Presiden Jokowi yang kini sedang sibuk menangani masalahmewabahnya virus corona.

Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo menjalani perawatan di rumah sakit lantaran sakit. Ibunda Jokowi sudah sejak empat tahun menderita kanker dan sering memeriksakan kesehatannya di RSPAD Gatot Soebroto.

Usai kabar tersebut, Rumah Sakit Slamet Riyadi diperketat penjagaannya. Hanya orang tertentu yang diperbolehkan masuk. Telah hadir Wakil Kapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Ahmad Lutfi, Kapolres Solo Kombes Pol Ahmad Rifai, dan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943. Sudjiatmi kemudian menikah dengan Widjiatno Notomihardjo dan memilik empat orang anak. Jokowi adalah anak pertama dari kedua pasangan suami istri tersebut. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961.

Presiden Joko Widodo mempunyai kebiasan tetap terhadap sang ibunda, Sujiatmi Notomihardjo, pada setiap masa-masa penting dalam perjalanan hidupnya. Kebiasaan itu adalah sungkem kepada ibunda, untuk meminta doa restu dari sosok yang sangat dicintainya itu.

Adapun kediaman almarhumah ibunda Jokowi tepat berada di belakang rumah Jokowi, yaitu di Jalan Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Surakarta. Ibu Jokowi, Sujiatmi mengatakan kedatangan Jokowi untuk bertemu dengan dia dan keluarga besar.

Setidaknya ada tiga momen penting yang menunjukkan Jokowi meminta restu kepada ibunda. Yakni saat Pemilihan Gubernur DKI Jakarta di tahun 2012, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014, dan juga Pilpres kedua Jokowi di tahun 2019 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *