Settia

Inilah Hasil Survey Rangking Caleg PSI di Dapil Banten III

Survei: Rano Karno dan Isyana Bagoes Oka Berpeluang Gusur Petahana di Banten III

EDITOR.ID, Jakarta,- Lembaga survei Y-Publica menggelar survei untuk memetakan dan memprediksi dukungan suara masyarakat terhadap Calon Anggota Legislatif Dapil Banten III Tangerang Raya.

Salah satu yang disurvei adalah para caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dikenal memiliki kualitas dan integritas yang tak diragukan lagi. Dari hasil survey Y-Publica yang dirilis Kamis (14/3/2019) terungkap rangking caleg peraih suara terbanyak dalam jajak pendapat sebagai berikut :

  1. Isyana Bagoes Oka (Mantan Presenter Televisi) 4,5 Persen
  2. Mikhail Gorbachev Dom (Peneliti Muda) 1,6 Persen
  3. Kokok Dirgantoro ( Praktisi Komunikasi ) 0,8 Persen
  4. Azmi Abubakar (Pendiri Museum Peranakan Tionghoa) 0,4 Persen

Sedangkan caleg PSI lainnya masih dibawah 0,2 Persen.

Isyana Berpeluang Lolos

Sementara untuk pertarungan di pentas Pileg semua parpol, caleg PDIP Rano Karno dan Caleg PSI Isyana Bagoes Oka berpeluang mengalahkan incumbent dan politisi senior untuk melangkah ke Senayan.

Dari hasil survei Y-Publica, tujuh caleg petahana di Dapil Banten III kemungkinan bakal kembali melenggang ke Senayan tanpa bisa ditaklukkan para caleg pendatang baru. Namun ada tiga sisanya gagal diraih petahana. Tiga kursi sisanya diperkirakan akan disabet pendatang baru.

Caleg yang dijagokan merebut tiga sisa kursi tersebut adalah Isyana Bagoes Oka (PSI), Rano Karno (PDIP) dan Abdul Syukur yang merupakan adik kandung Gubernur Banten Wahidin Halim.

Demikian hasil survei terbaru Y-Publica yang dirilis Kamis (14/3). Elektabilitas tertinggi di dapil yang meliputi Tangerang Raya ini dipegang Andi Achmad Dara dari Golkar dengan 12,3 persen. Disusul caleg Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad sebesar 8,4 persen.

Caleg petahana lainnya yang berpotensi besar lolos adalah Hartanto Edhie Wibowo (4,3 persen), Ali Taher (3,6 persen), Siti Masrifah (3,3 persen), dan Marinus Gea (2,5 persen).

Sementara itu caleg petahana yang terancam gagal kembali ke Senayan, adalah Irgan Chairul Mahfiz (1,1 persen), Eddy Kusuma Wijaya (1,0 persen), dan Inas Nasrullah Zubir (0,5 persen).

“Artis yang juga mantan gubernur Rano Karno serta presenter televisi Isyana Bagoes Oka berpeluang menggeser caleg-caleg petahana,” ungkap Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran pers di Jakarta, pada Kamis (14/3).

Rano Karno meraih elektabilitas sebesar 6,5 persen, sedangkan Isyana yang maju dari PSI sebesar 4,5 persen.

Pendatang baru lainnya yang berpotensi lolos datang dari salah satu dinasti politik Banten. Dia adalah adik Gubernur Banten Wahidin Halim, Abdul Syukur dengan elektabilitas 5,5 persen. Seperti diketahui, sebelum menjabat gubernur, Wahidin adalah wali kota Tangerang.

Leave a Reply