Settia

Inggris Sumbang Rp789 Miliar Cegah Virus Corona

Warga antri memeriksakan badannya di Rumah Sakit Hongkong setelah isu virus Corona merebak (AP Photo/Vincent Yu)

EDITOR.ID, Jakarta,- Negara-negara di dunia berempati atas musibah penyakit virus Corona yang dialami China. Sejumlah negara di Eropa bahu membahu menolong negeri tirai bambu demi kemanusiaan antar manusia di dunia.

Salah satunya Pemerintah Inggris. Melalui Departemen Pembangunan Internasional (DFID/UK aid), negeri Ratu Elizabeth ini menyumbangkan dana bantuan sebesar Rp 769 miliar atau 45 juta dolar AS untuk mencegah penyebaran virus corona di negara-negara berkembang.

Dana yang nantinya akan digunakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) itu akan membantu mencegah penyebaran virus dengan mendukung negara-negara berkembang secara cepat mengidentifikasi dan merawat pasien dengan gejala virus corona tipe baru (2019-nCoV).

Diumumkan melalui situs resmi pemerintah Inggris yang diakses pada Senin, 10 Februari 2020 menunjukkan respons Inggris terhadap wabah global virus corona yang teridentifikasi di sejumlah negara berkembang di Asia dan Afrika.

“Tetapi banyak di antara mereka yang kekurangan alat, keahlian, dan infrastruktur untuk mendiagnosis dan merawat pasien,” demikian sebagaimana dikutip dari Antara

Deteksi dan isolasi pasien yang tepat sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit secara global, dan membuat negara-negara dengan sistem kesehatan yang rapuh tidak dapat menanggapi risiko wabah lebih lanjut di seluruh dunia.

“Penyakit adalah ancaman global, dan untuk menyelamatkan nyawa di seluruh dunia kita membutuhkan respons internasional yang terkoordinasi penuh,” kata Sekretaris Pembangunan Internasional Inggris Alok Sharma.

Dengan mendukung negara-negara berkembang dengan sistem kesehatan yang rapuh untuk menanggapi dengan benar dugaan kasus virus corona, kata dia, bantuan Inggris dapat membantu mencegah penyebaran wabah.

Bantuan senilai 5 juta poundsterling akan mendukung permohonan (Flash Appeal) WHO untuk menghentikan penyebaran penyakit dengan mendukung negara-negara berkembang yang paling berisiko terkena virus corona dengan cepat mengidentifikasi kasus dan merawat pasien.

Ini akan mencakup pelatihan tim tanggapan cepat dan staf medis untuk mengidentifikasi dan merespons gejala, meningkatkan kesadaran di negara berkembang tentang cara menghindari virus corona dan memprediksi penyebaran virus.

Selain itu, ahli tambahan yang didanai oleh bantuan Inggris diharapkan akan dikerahkan ke WHO untuk membantu mengoordinasikan respons internasional dan memastikan negara-negara berkembang lebih siap dan dapat merespons secara efektif terhadap kasus-kasus potensial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *