Indosat PHK Karyawan, Tak Ada yang Protes

Paket kompensasi yang ditawarkan Indosat kepada karyawan Indosat yang terdampak PHK rata-rata 37 kali upah.Sementara yang tertinggi mencapai 75 kali upah, dan dikatakan secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Jakarta, EDITOR.ID,- Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan bahwa perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagian karyawan atau yang mereka sebut sebagai rightsizing. Uniknya tak ada pegawai Indosat yang protes. Mereka menerima. Proses PHK berlangsung lancar.

Dilaporkan lebih dari 95 persen dari pegawai Indosat yang terkena dampak PHK telah menerima tawaran tersebut. Sementara sebagian kecil sisanya masih mempertimbangkan tawaran yang diberikan.

Paket kompensasi yang ditawarkan Indosat kepada karyawan Indosat yang terdampak PHK rata-rata 37 kali upah.Sementara yang tertinggi mencapai 75 kali upah, dan dikatakan secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

“Inisiatif rigthsizing berjalan lancar sesuai rencana dan telah diterima dengan baik oleh sebagian besar karyawan yang terkena dampak. Prosesnya sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan telah dilakukan dengan pertimbangan matang, yang dilakukan secara objektif dan fair,” ujar Director & Chief of Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni, di Jakarta.

Menurut Indosat, perusahaan telah berkomunikasi secara langsung dan transparan dengan semua karyawan.

“Semua telah memahami perlunya meningkatkan kelincahan dan bertumbuh lebih cepat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pasar saat ini. Oleh karena itu, inisiatif reorganisasi sangat penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis perusahaan ke depan,” papar manajemen Indosat.

“Inisiatif rightsizing ini didasarkan pada strategi bisnis ke depan dan pertimbangan yang komprehensif, yang diharapkan dapat menjadi langkah strategis yang membawa Indosat Ooredoo Hutchison menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia,” sebut Indosat dalam keterangannya.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saeran mengatakan ada pegawai yang mendapatkan kompensasi hingga miliaran rupiah.

Steve menjelaskan, saat ini sudah hampir 100% karyawan yang terdampak setuju dengan keputusan PHK ini. Mereka yang terdampak akan mendapatkan pesangon dengan jumlah besar tersebut. “Sebagai update pukul 16.30 WIB, sudah 99% yang menerima,” jelasnya.

Indosat menyebut telah berkomunikasi secara langsung dan transparan dengan semua karyawan. Semua telah memahami perlunya meningkatkan kelincahan dan bertumbuh lebih cepat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pasar saat ini.

Demi mewujudkan target perbaikan tersebut, setidaknya ada tiga perubahan vital yang hendak digerakkan Indosat demi kesehatan bisnis perseroan. Salah satunya dengan memperkuat tim regional agar lebih cepat mengambil keputusan dan lebih dekat dengan pelanggan.

Lalu, mengalihkan penanganan jaringan ke pihak ketiga, penyedia jasa Managed Service, sejalan dengan praktik terbaik di industri.

Terakhir, Rightsizing organisasi, menambah SDM untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan, serta merampingkan SDM di beberapa fungsi bisnis.

“Kami akan terus melanjutkan strategi 3 tahun untuk bertransformasi menjadi perusahaan yang lebih lincah dan terpercaya. Hari ini kami telah mengumumkan langkah baru untuk menyesuaikan organisasi kami dengan perubahan kebutuhan pasar,” terangnya. (tim)