Wamentan Harvick Hasnul Qolbi Dorong Petani Berorientasi Produk Ekspor

Apalagi, Kementerian Pertanian telah mencanangkan program Gerakan Tiga Kali Ekspor atau Gratieks yang dapat mengakselerasi ekspor pertanian, termasuk dari Garut.

Garut, EDITOR.ID,- Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mendorong komoditas produk pertanian Garut agar berorientasi ekspor. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Hal ini disampaikan Wamentan Harvick Qolbi saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (21/9/2022) siang. Kunjungan tersebut dalam rangka penanaman benih kopi hingga berdialog dengan petani sekaligus penyerahan bantuan pertanian.

“Garut ini selain menjadi sentra jagung dan hortikultura, potensi kopi Garut juga luar biasa. Ini harus kita dorong agar bisa berorientasi ekspor,” ujar Harvick.

Menurut Wamentan, situasi krisis global yang saat ini terjadi telah mendorong berbagai negara untuk melakukan food security. Untuk itu, tambahnya, ini merupakan peluang yang baik bagi Indonesia untuk mengekspor komoditas pangannya.

Apalagi, Kementerian Pertanian telah mencanangkan program Gerakan Tiga Kali Ekspor atau Gratieks yang dapat mengakselerasi ekspor pertanian, termasuk dari Garut.

Namun ia berharap agar indeks pertanaman atau produktivitas pertanian di Garut pun ditingkatkan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan domestik terlebih dahulu serta sebagai upaya mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

“Adanya tadi apa ancaman global, masalah Covid-19 dan sebagainya, akhirnya beberapa negara secara masif melakukan kegiatan ini (food security). Ini sebetulnya peluang bagi Indonesia. Kita juga punya Atase Pertanian yang bisa membantu memasarkan produk-produk pertanian di luar negeri,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Garut yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Nurdin Yana mengungkapkan bahwa Kabupaten Garut memiliki potensi yang besar untuk ekspor. Dengan memiliki lahan luas pertanian dan produk komoditas unggulan seperti padi, kopi, jagung, kapulaga, kunyit dan banyak lagi memiliki potensi untuk ekspor.

“Potensi ini, semoga pak Wamen berkenan memberikan dorongan kepada para petani. Sebab, kehadiran pak Wamen dapat memberikan harapan kepada petani di Garut,” tuturnya.

Dalam kunjungan kerjanya, Wamentan melakukan penanaman benih kopi didampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, Danrem 062/TN Kolonel Inf Asep Sukarna, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, dan Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo.

Selain itu, Wamentan Harvick juga turut menyerahkan bantuan dari Kementerian Pertanian secara simbolis. Adapun bantuan tersebut berupa alat mesin pertanian (alsintan) traktor roda 4, pompa air, dan kredit usaha rakyat (KUR) pertanian. (tim)